Find Us On Social Media :

6 Fakta Tragedi Pembantaian 31 Pekerja Pembangunan Jembatan di Papua: dari Pengambilan Foto KKB Saat HUT OPM hingga Instruksi Presiden Jokowi

Ilustrasi pembantaian 31 pekerja pembangunan jembatan di Papua

Laporan Wartawan Gridhot.ID, Septiyanti Dwi Cahyani

Gridhot.ID - Kerusuhan kembali terjadi di wilayah Indonesia bagian timur, Papua.

Dilansir dari Tribunnews, sebanyak 31 pekerja pembangunan jembatan di Nduga, Papua tewas.

Tewasnya 31 pekerja pembangunan jalan di Kali Yigi-Kali Aurak, Distrik, Yigi, Kabupaten Nuga, Papua ini diduga dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata pada Minggu (2/12/2018).

Diketahui, sebanyak 31 orang yang tewas itu merupakan orang-orang yang bekerja di perusahaan milik BUMN PT Istaka Karya.

Saat ini, PT Istaka Karya memang tengah bekerja untuk membuka isolasi di wilayah pegunungan tengah itu.

Baca Juga : Tak Gentar Meski Ada Insiden Pembunuhan oleh KKB Papua, Menteri PUPR: Pembangunan Tetap Jalan Demi Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Hal serupa juga dibenarkan oleh Kepala Sub Bidang Penerangan Masyarakat Polda Papua, AKBP Suryadi Diaz.

Melansir dari beberapa sumber, berikut adalah sederet fakta terkait tragedi pembunuhan 31 pekerja jembatan di Nduga, Papua yang berhasil dihimpun oleh Gridhot.ID.

Pembantaian dipicu karena salah satu pekerja ketahuan ambil foto saat KKB gelar HUT OPM

Diwartakan Kompas.com, dari hasil penyelidikan aparat keamanan, pembantaian tersebut terjadi karena salah satu pekerja terpergok memotret upacara peringatan HUT Organisasi Papua Merdeka.

Anggota KKB merasa tidak terima dan segera mengejar pekerja yang mengambil foto acara tersebut hingga ke lokasi basecamp pekerja.