Find Us On Social Media :

Ketahui 5 Jenis Benjolan yang Mungkin Muncul Pada Miss V, Jangan Salah Mengatasinya

(ilustrasi) Miss V

GridHot.id – Semua pasti setuju, menjaga kebersihan organ intim merupakan hal yang paling penting bagi setiap cewek. Terutama menjaga kebersihan vagina kita.

Merawat vagina memang gampang-gampang susah, tapi hal tersebut wajib kita lakukan untuk mencegah hal hal yang bisa menganggu kesehatan kita nantinya.

Sayangnya, terkadang kita masih mengalami berbagai gangguan yang muncul di area vagina, misalnya seperti muncul benjolan, gatal, iritasi, atau ruam.

Baca Juga : 7 Cemilan yang Digemari ini Bisa Jadi Penyebab Kanker, Kurangi dari Sekarang!

Sherry Ross, MD., obgyn dari UNC School of Medicine menjelaskan, beberapa gejala gangguan kesehatan yang muncul di area vagina tak perlu kita khawatirkan termasuk benjolan, asalkan kita menanganinya dengan tepat.

Berikut adalah 5 jenis benjolan yang wajib diketahui oleh para cewek.

Benjolan Lunak Sekitar Bibir Vagina

Kondisi ini bisa merupakan gejala kista Bartholin atau Bartholinitis.

Bartholinitis muncul karena kelenjar keringat di sekitar kedua bibir vagina tersumbat sehingga menyebabkan cairan yang semestinya keluar justru kembali ke dalam kelenjar.

Menurut Kameelah Phillips, MD., obgyn dari New York, kondisi ini bisa kita tangani dengan mengompres area benjolan dengan air hangat dan menjaga kebersihan.

Namun bila gejala disertai dengan sakit yang menjadi, susah berjalan dan buang air kecil, atau demam, lebih baik segera konsultasikan pada dokter.

Baca Juga : Sering Diabaikan Para Wanita, 7 Gejala ini Tanda Penyakit Berbahaya!