Find Us On Social Media :

Rel Kereta Api di Vietnam ini Jadi Incaran Turis Buat Selfie, Ternyata Karena ini

turis

GridHot.id –  Sebuah ruas jalan yang dilewati kereta api sejak zaman kolonial di Hanoi, Vietnam, mendadak populer. Turis sengaja datang ke Old Quarter untuk berfoto di rel kereta api yang dianggap ' instagramable' tersebut.

"Di sana cukup sepi ketika kami ke sana, saat itu juga masih pagi hari," kata Christabel, salah satu Instagrammer yang mengunggah fotonya di rel kereta Old Quarter pada 29 Oktober 2018.

Masalah timbul ketika banyak turis yang sengaja datang, memenuhi rel kereta yang masih beroparsional. Penulis berbasis di Vietnam Dave Fox yang pertama kali mengunjungi dareah tersebut di 2010 mengaku sedih melihat lokasi tersebut.

Baca Juga : Seorang 'Penjelajah Waktu' Bocorkan Peristiwa yang Akan Terjadi Pada 2019

Ia mengatakan banyak mendengar cerita, banyak turis sengaja melompat ketika kereta datang, atau mengadu siapa yang berdiri paling lama ketika kereta datang. Semua aksi tersebut direkam dengan kamera aksi.

"Pariwisata massal adalah kata kunci baru untuk sesuatu yang telah berlangsung lama. Wisatawan harusnya bijak mengambil foto," jelas Fox.

Baca Juga : Berawal dari Luka Kecil, Jari-Jari Wanita ini Justru Menghitam dan Membusuk

Ia mencontohkan di Vietnam misalnya, tidak apa jika meminta izin untuk mengambil foto karena kebanyakan orang Vietnam baik. Namun jangan sampai memperlakukan penduduk lokal seperti obyek di museum. Berfoto lantas tidak berinteraksi sama sekali dan pergi ke tempat foto lainnya.

Fox menyarankan kepada para wisatawan untuk berpikir di posisi penduduk lokal. Syukurnya di Old Quarter, penduduk lokal malah mengingatkan wisatawan jika ada kereta yang akan lewat. Namun Fox mengingatkan beda destinasi beda pula perilaku warga lokal.

Baca Juga : 2 Dekade Hidup Dengan Hewan Buas, Begini Kisah 'Mesra' Nathip dengan Buayanya

Selain rel kereta di Old Quarter Vietnam, rel kereta di Bangkok daerah Pasar Maeklong juga menjadi lokasi incaran turis untuk selfie.

Meskipun menimbulkan kontroversi, sampai sekarang masih banyak turis yang berfoto di lokasi tersebut dengan alasan kereta berjalan sangat lambat. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul, “Rel Kereta Api di Vietnam Jadi Tempat "Selfie" Turis”