Find Us On Social Media :

Liburan Akhir Tahun Rasakan Hidangan Khas Cilegon Hingga Cirebon di Jalur Mudik... Mantul!

Empal Gentong

GridHOT.id - Libur akhir tahun yang akan segera tiba membuat beberapa masyarakat memilih untuk pulang sejenak ke kampung halaman.

Bagi Anda yang melewati jalur Pantai Utara Jawa (Pantura), jangan lupa untuk berhenti sejenak menikmati kuliner yang memanjakan lidah.

Tentu wisata kuliner ini diperlukan tak hanya untuk melemaskan otot-otot yang kaku saat perjalanan, tapi juga menikmati kekhasan daerah yang dilewati.

Ini daftar makanan yang dapat Anda nikmati sepanjang jalur Cilegon hingga Cirebon yang dihimpun Kementerian Perhubungan saat sosialisasi tentang jalur tol Trans Jawa dan sejumlah kota yang dilaluinya:

Cilegon

Cilegon adalah salah satu kota di Provinsi Banten. Kota ini terletak paling barat pulau Jawa, di tepi Selat Sunda. Berikut kuliner yang dapat Anda nikmati ketika berada di kota industri ini:

1. Ayam Bekakak

Ayam bekakak mempunyai rasa khas dan nikmat di lidah. Makanan ini berupa olahan ayam utuh yang dibakar lalu diungkep, dengan racikan bumbu manis.

Di daerah Jawa Barat, ayam bekakak biasanya disajikan pada hari istimewa, seperti sunatan atau pernikahan.

Apabila Anda tertarik untuk mencobanya, dapat berkunjung ke Jalan Raya Kranggot, Jombang Wetan, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, Banten.

2. Nasi Gonjleng

Nasi gonjleng mempunyai bumbu yang mirip dengan nasi kebuli, beraroma pekak dan kapulaga.