Find Us On Social Media :

Deretan 5 Bencana Tsunami Paling Mematikan di Dunia

Pantauan udara daerah terdampak tsunami di Pantai Kalianda Kabupaten Lampung Selatan

Gridhot.ID - Banyak tsunami yang telah terjadi sepanjang sejarah manusia. Beberapa di antaranya adalah yang terjadi di Indonesia. Seperti tsunami yang menghantam wilayah Mentawai pada Oktober 2010 dan tsunami Aceh pada 2004 lalu. Pada tahun 2018, Indonesia dihantam dua peristiwa tsunami, yakni di Palu dan Selat Sunda.

Sejarah mencatat bahwa bencana alam tersebut hampir selalu merenggut banyak nyawa. Berikut ini adalah lima tsunami paling mematikan yang pernah terjadi di Bumi:

1. Tsunami Aceh

Tsunami ini terjadi pada tanggal 26 Desember 2004 akibat gempa berkekuatan 9,1 hingga 9,3 skala Richter. Gelombang tsunami menyapu beberapa wilayah di Aceh, India, Sri Lanka, Thailand, Maladewa, dan wilayah Afrika Timur.

Sebanyak 226.000 jiwa tewas akibat tsunami ini dan 166.000 orang merupakan warga negara Indonesia. Gempa penyebab tsunami ini merupakan gempa terbesar keempat yang terjadi dalam sejarah, sedangkan tsunaminya merupakan yang terbesar.

Baca Juga : Anak Krakatau Semakin Tinggi Membesar, Ia Sedang Mengumpulkan Energi Baru untuk Mengamuk, Meletus Kembali

2. Tsunami di masa Yunani Kuno

Tsunami pada masa Yunani Kuno ini diketahui merupakan tsunami pertama yang terekam sepanjang sejarah.

Penyebab tsunaminya adalah meletusnya gunung yang berada di dekat Pulau Thera atau Santorini.

Jumlah orang yang tewas dalam tsunami ini tidak diketahui dengan pasti, tetapi diperkirakan mencapai lebih dari 100.000 orang.

Baca Juga : Saat Gunung Krakatau Meletus Tahun 1883 : Bukannya Selamatkan Diri, Warga Malah Menyambutnya dengan Perayaan