Find Us On Social Media :

7 Fakta Tsunami yang Harus Kita Tahu, Kecepatan Gelombangnya Melebihi Pesawat Jet!

tsunami

GridHot.id- Tsunami yang melanda daerah Banten dan Lampung pada Sabtu (22/12) malam, masih menyisakkan trauma bagi mereka yang terkena dampak. Tsunami yang berasal dari selat sunda ini pun masih menyisakan beberapa pertanyaan untuk publik.

Tsunami sendiri merupakan serangkaian gelombang air besar yang disebabkan oleh berbagai faktor. Tsunami dapat disebabkan dari letusan gunung berapi, gempa, ledakan bawah air, tanah longsor hingga dampak dari meteoroid.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang tsunami, berikut beberapa faktanya:

Baca Juga : Ikan ini Dihargai Hingga Miliaran Rupiah di Jepang, Padahal di Indonesia Hanya Ratusan Ribu!

Gelombang pertama bukan yang paling kuat

Tsunami juga dikenal dengan sebutan 'kereta gelombang' karena bisa datang dalam beberapa kali. Dan biasanya gelombang pertama tsunami bukanlah yang paling merusak. Gelombang ke-5 atau ke-6 lah yang paling kuat yang memiliki kemampuan untuk menghancurkan banyak wilayah.

Wilayah kerusakan

Tsunami dapat merusak wilayah yang berjarak sekitar radius 250 mil dari pusat tsunami dan biasanya terjadi dalam waktu 30 menit. Jika para penduduk yang berada di pesisir pantai merasakan ada gempa, itu merupakan sebuah peringatan dari potensi terjadinya tsunami untuk segera pergi ke daerah yang lebih tinggi.

Baca Juga : 3 Kali Dihantam Tsunami, Nelayan ini Berhasil Lolos dari Maut dengan Cara Tak Terduga

Tsunami Aceh termasuk yang paling parah

Saat itu, kekuatan gempa 9,0 SR yang terjadi di Aceh melebihi dari besar gempa bumi yang terjadi dari 25 tahun yang lalu. Sebuah wilayah di dasar laut yang luasnya melebihi California terlepas dan berpindah ke atas sekitar 30 kaki. Air laut yang dalam jumlah besar tersebut meluap dan menjadi gelombang setinggi 25 meter.

Sekitar 9.000 wisatawan meninggal pada 2004