Find Us On Social Media :

Fakta-fakta Eka Tjipta Widjaja yang Menjadi Besar Diawali Berjualan Kembang Gula

Pendiri Sinar Mas Group Eka Tjipta Widjaja

GridHOT.id - Pendiri Sinar Mas Group Eka Tjipta Widjaja tutup usia pada Sabtu (26/1/2019) di umur 98 tahun. Rencananya, mendiang Eka akan dimakamkan pada Sabtu 2 Februari 2019. Lokasinya di Desa Marga Mulya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Di umur hampir 100 tahun itu, Eka berhasil mengembangkan bisnisnya hingga menjadi salah satu perusahaan raksasa di Asia.

Baca Juga : Jika Pangeran Charles Jadi Raja Inggris, Inilah Gelar yang Akan Didapat Kate Middleton

Ekspansi bisnis dilakukan tak hanya di Indonesia, tapi juga ke luar negeri. Eka juga membangun jaringan bisnis yang besar sehingga Sinar Mas Group mencakup komoditas bisnis yang beragam.

Berikut 5 fakta menarik mengenai Eka Tjipta :

1. Salah satu orang terkaya

Eka Tjipta dikenal sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia. Majalah Globe Asia menulis, kekayaannya pada 2018 mencapai 13,9 miliar dolar AS. Dengan angka tersebut, ia dinobatkan sebagai salah satu orang terkaya versi majalah itu.

2. Imigran yang hanya lulusan SD

Pria kelahiran Quanzhou, China, ini bermigrasi ke Indonesia pada 1932. Saat itu, Oei Ek Tjhong, nama kecil Eka, harus berlayar selama tujuh hari tujuh malam untuk tiba di Makassar, Sulawesi Selatan. Eka bukan berasal dari keluarga kaya.

Baca Juga : Basuki Tjahaja Purnama Cerita Beda Mantan Istri dan Puput Nastiti Devi

Dilansir dari Kompas.id, uang lima dollar AS yang dibawa saat perjalanan, tak cukup ia belanjakan makanan. Sebab, untuk bisa sampai di Indonesia, ia harus berutang kepada rentenir 150 dollar AS.

Untuk melunasi utangnya, Eka kecil langsung bekerja di toko milik ayahnya yang tiba lebih dulu di Makassar. Beruntung, utang tersebut dapat dilunasi dalam kurun dua tahun, seiring kian maju toko ayahnya.