Find Us On Social Media :

Ngeri! 13 Kecelakaan Pesawat yang Ternyata Sengaja Dilakukan Oleh Pilot

Ngeri! 13 Kecelakaan Pesawat yang Ternyata Sengaja Dilakukan Oleh Pilot

 

GridHot.ID— Setiap pesawat pasti memiliki cockpit voice recorder atau perekam suara kokpit untuk merekam percakapan antara pilot dan co-pilot selama penerbangan.

Cockpit voice recorder (CVR) banyak mengungkap alasan dibalik kecelakaan pesawat yang terjadi selama ini.

Seperti kecelakaan pesawat yang terjadi pada maskapai milik Germanwings penerbangan 4U9525 yang jatuh di Pegunungan Alpen pada 2015 silam.

Setelah CVR  berhasil diangkat dari reruntuhan pesawat Airbus A320 tersebut terungkap hal mengejutkan yang menjadi penyebab jatuhnya pesawat malang yang menewaskan 150 penumpang dan awak kabinnya.

Baca Juga : Tragedi Duo Jumbo Jet, Jadi Kecelakaan Pesawat Paling Mematikan Sepanjang Sejarah

Peristiwa itu mengingatkan kembali pada peristiwa-peristiwa serupa yang pernah terjadi sebelumnya, yakni sebuah pesawat penumpang secara sengaja dijatuhkan oleh awak kabinnya sendiri.

Berikut adalah rangkuman beberapa kejadian kecelakaan pesawat yang disebabkan oleh tindakan secara sengaja oleh pilot atau kopilot atau awak kabin, yang dirangkum dari situs Aviation Safety Network.

Kecelakaan yang terkait dengan pesawat general aviation tidak disertakan.

Baca Juga : Usai Main di Sungai Berlumpur, Seekor Lintah Bersarang di Hidungnya

26 September 1976

Seorang pilot Rusia mencuri pesawat Antonov 2 dan ditabrakkan ke sebuah flat (rumah susun) di daerah Novosibrik tempat mantan istrinya yang sudah bercerai tinggal.

Korban jiwa: 12 orang