Find Us On Social Media :

Fakta Unik Sejarah Sang Saka Merah Putih, Buah Tangan Fatmawati dari Perwira Jepang Hingga Bercerita Soal Sprei dan Tenda Warung Soto Seharga Rp 500 Sen

Pasukan Paskibraka bertugas menaikan Bendera Merah Putih dalam Upacara Peringatan Detik-detik Prokla

Laporan reporter Gridhot.ID, Nicolaus Ade

Gridhot.ID - Indonesia sebentar lagi akan memperingati hari kemerdekaan negara yang ke 74 pada 17 Agustus 2019.

Tak terasa negara ini telah menempuh usia 74 tahun merdeka usai melalui banyak perjuangan melawan penjajah.

Dalam memperingati hari kemerdekaan ini, masyarakat tak akan lupa mengenang jasa para pahlawan yang turut serta berjuang meraih kemerdekaan.

Baca Juga: Kisah Viral Fernanda Colombo, Wanita Eks Kiper Timnas Brasil yang Berwajah Kelewat Cantik Sampai Ditawar Agensi untuk Ganti Profesi dari Atlet ke Wanita Penghibur, Dibikin Tergiur dengan Disodori Rp 28 Juta Sekali Tampil

Dibalik jasa perjuangan para pahlawan ternyata proklamasi kemerdekaan Indonesia menyimpan beberapa fakta-fakta menarik yang tidak diketahui banyak orang.

Salah satunya adalah sejarah bendera kebangsaan Indonesia Merah Putih yang dikibarkan untuk pertama kalinya ketika Proklamasi dikumandangkan pada 17 Agustus 1945.

Ternyata tersimpan cerita menarik terkait asal usul bahan Bendera Pusaka Merah Putih yang dijahit oleh Ibu negara Fatmawati.

Baca Juga: Viral, Kisah Heroik Sepasang Kakek dan Nenek Tua Buat Kocar-kacir Kelompok Perampok Bersenjata yang Menodong Mereka, Hanya Gunakan Sandal dan Kursi

Melansir dari Historia.ID dan sumber pelengkap, konon kain berwarna merah yang dijadikan bendera tersebut berasal dari warung tenda soto yang dibeli seharga Rp 500 sen.