Find Us On Social Media :

7 Tahun Masuk DPO Pemerintah Indonesia, Demiron Wenda, Dedengkot KKB Pimpinan Puron Wenda Akhirnya Cium Bendera Merah Putih

Demiron Wonda mencium bendera Merah Putih

Laporan Wartawan GridHot.ID, Siti Nur Qasanah

GridHot.ID - Seorang anggota kelompok kriminal (KKB) Papua, Demiron Wenda yang menjadi anak buah Puron Wenda kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi, Sabtu (14/09/19).

Penyerahan diri Demiron yang mengaku bergabung dengan kelompok Puron Wenda sejak tahun 2011 lalu itu ditandai dengan mencium bendera Merah Putih yang ada di ruang kerja Kapolres Puncak Jaya.

Kapolres Puncak Jaya AKBP Ary Purwnato kepada ANTARA News, Sabtu (14/9/2019) mengakui adanya anak buah Puron Wenda yang wilayah operasinya di Kabupaten Lanny Jaya sudah menyatakan diri kembali ke NKRI.

Baca Juga: Polri Umumkan Kronologi Baku Tembak di Kantor Kabupaten Deiyai Papua, Sebut Anggota Pengamanan Diserang KKB Secara Tiba-tiba Saat Sedang Negosiasi dengan Massa

Dari keterangan sementara, Demiron terlibat dalam sejumlah tindak kriminal termasuk penyerangan terhadap anggota Polres Tolikara tahun 2012 lalu, sehingga yang bersangkutan masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

"Memang betul nama yang bersangkutan ada dalam DPO di sejumlah Polres di kawasan Pegunungan Tengah," kata Ary Purwanto.

Ketika ditanya tentang proses hukum terhadap Demiron atas semua aksi kriminal yang dilakukannya, Ary Purwanto mengaku masih menunggu petunjuk dari Kapolda Papua mengingat yang bersangkutan juga minta agar namanya dihapus dari DPO.

Baca Juga: Tewas Diterjang Peluru Aparat TNI/Polri, Identitas Anggota KKB Bawahan Egianus Kogoya Terungkap, Saat Dibongkar Tasnya Menyimpan Barang-barang Tak Terduga