Find Us On Social Media :

Statusnya Sudah Dianggap Bencana Darurat , Indonesia Malah Tolak Bantuan Singapura Untuk Tangani Kasus Karhutla, KLHK : Malu Kalau Minta Bantuan Negara Lain

Citra satelit NASA dari kebakaran hutan di Kalimantan

Laporan reporter Gridhot.ID, Nicolaus Ade

Gridhot.ID - Kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Indonesia juga menjadi sorotan negara tetangga.

Efek yang diakibatkan bencana Karhutla ini membuat negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia turut sibuk menangani permasalahan ini.

Bahkan kedua negara tersebut bersikeras ingin membantu Indonesia untuk segera menyelesaikan permasalahan ini.

Baca Juga: Viral! Video Seorang Anggota TNI Bekuk Pelaku Pembakar Lahan di Kalsel, Suguhkan Aksi Sekali Banting Langsung KO, Petugas : Kamu Melawan, Malah Tambah Parah!

Pasalnya, asap dari kebakaran hutan, yang terjadi di enam provinsi di Indonesia, telah menyeberang ke Malaysia dan Singapura dan mengganggu aktivitas masyarakat di dua negara itu.

Namun sayangnya Pemerintah Indonesia tetap bersikukuh menyelesaikan kasus Karhutla sendirian.

Pemerintah Indonesia berkukuh untuk memadamkan kebakaran hutan sendiri dengan alasan 'tidak mau dilecehkan' serta menyatakan punya cukup personil pemadam, meski pemerintah Malaysia dan Singapura telah menyatakan siap membantu.

Baca Juga: Negaranya Kebagian Dampak Karhutla Indonesia, Mahathir Mohamad Ancam Perusahaan Malaysia yang Jadi Biang Kerok Bencana, Jendral Polisi Malaysia Siap Turun Tangan

Seperti dilansir sebelumnya dari New Straits Times, Mahathir mengatakan pemerintah Malaysia telah menawarkan diri untuk membantu memadamkan kebakaran hutan di Indonesia, tetapi pemerintah Indonesia enggan menerima bantuan.