Find Us On Social Media :

Kenyang Makan Pengalaman, Pilot TNI AU Sukses Bikin Keder Prajurit Rusia, Langsung Kaget Saat Tau Prajurit Indonesia Lebih Jago Terbangkan Sukhoi Dibanding Mereka

Skadron F-16 Viper, Versi Tercanggih dari Jet Tempur Fighting Falcon

Gridhot.ID - Indonesia sebenarnya memiliki berbagai macam prestasi yang luar biasa.

Salah satu prestasi tersebut datang dari prajurit yang kita miliki yaitu TNI Angkatan Udara.

Pasalnya, TNI AU kita ternyata lebih jago menerbangkan pesawat jet tempur dibanding negara lain.

Baca Juga: Tak Hanya Manusia, Ratusan Koala Juga Jadi Korban Tewas Kebakaran Hutan di Australia, Lembaga Konservasi: Ini Seperti Kremasi

Pada bulan September 2003 untuk persiapan menerbangkan jet tempur Sukhoi tipe Su-27 SK dan Su-30 M sebanyak 6 pilot tempur Indonesia dan 18 teknisi TNI AU dikirim ke Rusia selama 3 bulan.

Pengiriman para pilot dan teknisi TNI AU ini merupakan prosedur resmi setiap Indonesia akan membeli pesawat tempur dari berbagai negara mengingat pembelian pesawat tempur harus disertai adanya pilot-pilot yang siap menerbangkan dan para teknisi yang selalu siap melaksanakan perawatan (maintenance) pesawat.

Ketika para pilot dan teknisi TNI AU dikirim ke Rusia, mereka merupakan personel yang sebenarnya sudah kenyang pengalaman.

Baca Juga: Berjuang Mati-matian Menuntut Keadilan Lawan Jessica Kumala Wongso, Begini Kabar Terakhir Saudara Kembar Wayan Mirna Salihin, 3 Tahun Berlalu dan Kini Tekuni Bisnis Kuliner

Pasalnya para pilotnya sudah terbiasa menerbangkan jet tempur jenis Hawk Mk-53 buatan Inggris dan F-5, A-4 serta F-16 produksi AS.

Para teknisi TNI AU yang dikirimkan ke Rusia untuk mempelajari mesin dan teknologi aviaonik jet tempur Sukhoi umumnya juga sudah memiliki pengalaman terhadap seluk beluk teknologi jet tempur Hawk, F-5, A-4, dan F-16.

Tapi para instruktur pilot dan teknisi Sukhoi Rusia rupanya tidak menyadari jika ‘para muridnya’ merupakan orang-orang yang sudah berpengalaman sehingga akhirnya mereka menjadi terkejut sendiri.

Baca Juga: Jarang Diketahui Publik, Artis Cantik Ini Rupanya Punya Sekolahan dengan Biaya SPP Super Murah, Hanya Rp 3 Ribu per Bulan