Find Us On Social Media :

Jangan Anggap Remeh Sengatannya, Tawon Ndas Kembali Merenggut Nyawa 2 Warga Klaten

Tawon ndas

GridHot.ID -  Jangan pernah menganggap remeh sengatan tawon Vespa affinis, atau sering juga disebut tawon ndas.

Sebab, sengatan tawon ndas kembali merenggut nyawa dua warga Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Korban meninggal adalah Lanjarwati, warga Kecamatan Wedi; dan Warsomo, warga Kecamatan Wonosari.

Baca Juga: Setiap Keluarga Diberi Mobil dan Vila, Desa Terkaya di Dunia Ini Dulunya Miskin dan Tak Punya Apa-apa, Sekarang Tiap Penduduk Miliki Rp 1 Miliar Tabungan di Bank

Menanggapi peristiwa ini, Kompas.com menghubungi peneliti serangga di Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Prof Dr Rosichon Ubaidillah MPhill, Sabtu (16/11/2019).

Rosichon menjelaskan, serangga yang dalam bahasa Jawa disebut tawon ndas, atau sebagian orang menyebutnya tabuhan, itu memang sudah lama menjadi masalah, khususnya di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Dia mengakui bahwa penyebaran tawon ini sebetulnya cukup luas dan ditemukan hampir di seluruh kawasan subtropis Asia, mulai dari Hong Kong, Taiwan, Sri Lanka, Taiwan, Burma, Thailand, Laos, Vietnam, Malaysia, Singapore, Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Filipina (Palawan), hingga Papua.

Baca Juga: Sulap Etiopia dari Negara Miskin Jadi Sejahtera Sekelas Amerika, Ini yang Dilakukan Israel dengan Teknologinya, Padahal Dulu Identik dengan Busung Lapar