Find Us On Social Media :

Sering Dijadikan Pilihan Pengobatan, Seorang Pakar Sebut Tak Ada Bukti Bahwa Obat Herbal Bisa Sembuhkan Kanker

Ilustrasi obat herbal

GridHot.ID - Pengobatan untuk kanker tidak bisa sembarangan.

Dilansir dari Kompas.com, sejumlah pakar mengungkapkan, obat-obatan herbal yang mengandung ekstrak bawang putih dan jahe, bisa menghambat penyembuhan luka pada bagian kulit ketika kanker payudara menyebar.

Oleh karena itu, dalam sebuah pertemuan yang membahas soal kanker, para pasien kanker disarankan untuk memberi tahu dokter mereka jika akan menggunakan produk herbal karena ada beberapa bahan yang bisa menghambat proses pengobatan.

Baca Juga: Jarang Tersorot Media, Penampilan Terkini Mantan Istri dan Putri Tora Sudiro Bikin Pangling, Semakin Cantik dan Menawan

Seorang ahli bedah, Profesor Maria Joao Cardoso, mengatakan, sampai saat ini ia tidak melihat bukti bahwa obat-obatan herbal ataupun krim berhasil menyembuhkan kanker.

Jika merasa ragu-ragu, menurut dia, lebih baik tidak usah mengonsumsinya.

"Dokter harus lebih proaktif bertanya kepada para pasien mereka, obat-obatan apa lagi yang mereka konsumsi selain pengobatan medis untuk kanker," ujar Profesor Cardoso, kepala ahli bedah payudara di Champalimaud Cancer Centre di Lisbon, Portugal, kepada BBC.

Baca Juga: Deburan Ombak Samudera Hindia Iringi Luncuran Timah Panas di Jantung Tahanan, Inilah Bukit Nirbaya di Lapas Nusakambangan, Tempat Eksekusi Napi di Tengah Malam dengan Kayu Terpancang

Cardoso mengatakan, para pasien kanker harus mengonsultasikan dengan dokter mereka terlebih dahulu sebelum mencoba terapi alternatif untuk kanker yang telah menyebar ke kulit.