Find Us On Social Media :

Ganyang Malaysia, Belum Sempat Kokang Senjata, Pasukan Negeri Jiran Sudah Dilibas Marinir Indonesia, Prajurit Komposit Inggris Tutupi Kekalahan dengan Dusta

Marinir

Gridhot.ID - Konfrontasi Indonesia-Malaysia tahun 1962-1966 menjadi salah satu pertempuran besar yang pernah dialami bangsa ini.

Operasi ganyang Malaysia yang dikobarkan di Indonesia oleh Presiden Soekarno itu akibat niat Inggris untuk membentuk negara boneka dibawah Malaysia.

Konfrontasi Indonesia-Malaysia tentu membuat pihak Negara Persemakmuran terutama Inggris, Australia dan Selandia Baru ekstra repot.

Baca Juga: Dekat dengan Indonesia, Negara Tetangga Ini Masuk Daftar Pemilik Pasukan Terkuat di Dunia, Bersama Rusia Menjelma Jadi Mimpi Buruk Militer Banyak Negara, Ini Rahasianya

Mau tak mau trio negara beda benua satu rasa itu mengerahkan militernya untuk membantu serdadu Malaysia menghadapi infiltrasi sukarelawan dan tentara Indonesia.

Salah satu peristiwa yang akan dikenang dalam konfrontasi Indonesia-Malaysia adalah Peristiwa Kalabakan.

Kalabakan adalah sebuah kawasan di distrik yang terletak di bagian barat distrik Tawau.

Baca Juga: Gelagapan Dibentak Anggota Kopaska TNI di Atas Kapalnya Sendiri, Militer Malaysia Kabur Meski Serka Ismail Datang dengan Perahu Karet dan Tanpa Senjata, Ganggu Pembangunan Mercusuar Berujung Angkat Jangkar

Jaraknya dari Kota Tawau adalah sekitar 100++ kilometer. Saat ini, Kalabakan hanyalah sebuah kota terpencil yang tidak memiliki status kota.