Find Us On Social Media :

Susah Payah Dibeli Secara Rahasia, Jet Tempur A-4 Skyhawk Buatan Israel Justru Hanya Berakhir di Museum Saja, Sempat Buat Teknisi TNI AU Puyeng Karena Campur Tangan Amerika

A-4 yang dijadikan monumen di AAU

GridHot.ID - Perang Yom Kippur adalah perang yang terjadi pada tanggal 6 - 26 Oktober 1973 antara negara Israel melawan koalisi negara-negara Arab yang dipimpin oleh Mesir dan Suriah.

Karena perang tersebut, Israel sesungguhnya mengalami kerugian besar dan nyaris kalah.

Banyak tank Israel berhasil dihancurkan pasukan gabungan Mesir dan Suriah yang sudah dilengkapi persenjataan rudal antitank produksi Rusia, demikian pula jet-jet tempurnya.

Sekitar 40 jet tempur A-4 Skyhawk milik  Israel yang digunakan dalam pertempuran berhasil dirontokkan oleh rudal-rudal SAM (Surface Air Missile) buatan Rusia yang dioperasikan oleh Mesir, sehingga mengakibatkan 20 pilot andalan Israel tewas.

Baca Juga: Berjalan di Sebelah Mobil Presiden Jokowi, Anggota Paspampres Ini Berhasil Tarik Perhatian Publik Berkat Wajah Tampannya, Siapakah Dia?

Atas banyaknya jet tempur A-4 Skyhawk yang tertembak jatuh itu, Israel mendapat ganti dari AS.

Lalu, agar rontoknya jet tempur mereka tidak terulang lagi dalam peperangan berikutnya, Israel melakukan sejumlah langkah modifikasi terhadap A-4 Skyhawk sehingga menjadi jet tempur yang lebih mumpuni.

Modifikasi atau up grade yang dilakukan antara lain pada peningkatan power mesin, peningkatan kemampuan radar pencari sasaran dan sistem radio komunikasi, peningkatan jumlah persenjataan yang dibawa, serta penambahan daya tampung bahan bakar.

Baca Juga: Kini Telah Menikah dan Punya Keluarga Harmonis, Siapa Sangka Saat Awal Menjalin Hubungan, Nycta Gina Dulu Selingkuhannya Rizky Kinoz