Find Us On Social Media :

Mampu Panjat Tebing Terjal yang Curam Secara Senyap Meski Membawa Alat Tempur, Anggota Kopassus Miliki Keahlian Bak Manusia Super, Evakuasi Korban Gempa di Gunung Rinjani Jadi Bukti

Pasukan yang berlatih mendaki

Gridhot.ID - Kopassus memang merupakan unit khusus yang memiliki berbagai macam keahlian luar biasa.

Kopassus selalu digembleng pelatihan yang keras agar bisa bertahan di segala medan nantinya baik itu pertempuran atau penyelamatan.

Salah satu kemampuannya adalah bertempur 'secara gila' di tebing-tebing curam yang ada air terjunnya.

Baca Juga: Pagi Buta Menyelinap ke Rumah Tetangga, Remaja 19 Tahun Ini Justru Bernasib Tragis Karena Birahinya, Tewas Dihajar Warga Usai Kepergok Perkosa Janda

Untuk kelengkapan bertempur sambil mendaki tebing-tebing curam atau dikenal sebagai pendaki serbu (dakibu), selain membawa perlengkapan tempur lengkap setiap personel dakibu Kopassus juga membawa perlengkapan panjat tebing.

Tujuan pasukan dakibu Kopassus dalam pertempuran adalah menyerang pasukan musuh secara senyap melalui medan sulit yang tidak diduga oleh musuh.

Misalnya musuh yang sudah merasa aman dan berada di puncak gunung yang terjal tiba-tiba bisa diserbu Kopassus yang secara tiba-tiba bermunculan di sisi lain puncak gunung yang terjal itu.

Baca Juga: Lagi, 1 Anggota TNI Tewas Ditembak KKB Papua di Distrik Ugimba, Menambah Pilu Usai Kepergian Lettu Erizal dan Serda Rizki

Kemampaun bertempur di gunung-gunung yang terjal bisa dilaksanakan oleh Kopassus berkat latihan dakibu selama berbulan-bulan sehingga kemampaun dakibu Kopassus setara dengan pemanjat tebing profesional.

Dalam pengambilan baret merah yang menjadi kebanggaan Kopassus setelah lulus pendidikan sekolah komando di Cilacap, Jawa tengah, biasanya baret-baret merah itu juga ditaruh di tebing-tebing terjal dan perlu perjuangan sangat keras untuk mengambilnya.

Untuk mendapatkan baret merah itu, proses pengambilan baret merah juga dikondisikan seperti sedang di medan perang dan semua siswa pendidikan komando membawa semua perlengakapan tempurnya.

Baca Juga: Simpan Dendam Kesumat, Wanita Ini Tega Tebas Leher Suaminya Menggunkan Kapak, Tubuhnya Lalu Dimutilasi Sebelum Kemudian Dijadikan 'Pupuk' untuk Kebunnya