Find Us On Social Media :

Seharusnya Jadi Musuh Amerika Serikat Gara-gara Beli Senjata Rusia, Indonesia Justru Lolos dari Jerat Embargo Negara Paman Sam, Donald Trump Sampai Marah Meski Alasannya Masuk Akal, Ini Penyebabnya

Presiden Donald Trump dan Presiden Jokowi

Gridhot.ID - Indonesia sempa hampir menjadi musuh Amerika Serikat karean terancam sanksi embargo.

Sanksi tersebut terjadi gara-gara Indonesia kepergok pernah membeli senjata kepada Rusia.

Namun keberuntungan masih berpihak kepada Tanah Air.

Baca Juga: Mantan Suaminya Direbut Pelakor, Begini Sikap Sarita Abdul Mukti Saat Makan Malam Bareng Faisal Harris, Netizen Singgung Jennifer Dunn: Lagi Kepanasan!

Komite Senat Amerika Serikat meloloskan Indonesia dari sanksi embargo Countering America's Adversaries Through Sanctions Act (CAATSA). CAATSA ialah Undang-undang sanksi embargo yang digunakan Amerika Serikat (AS) kepada suatu negara terkait aktivitas belanja peralatan militer negara bersangkutan ke Rusia yang notabene merupakan saingan dari AS. Selain Indonesia, ada dua negara lain yang terbebas dari CAATSA, yakni Vietnam serta India.

Baca Juga: Ditinggal Citra Kirana Menikah Duluan, Ali Syakieb Justru Kepergok Jalan Bareng Wanita Cantik, Warganet Menyebut Sosoknya Mirip Dewi Perssik Hal ini diungkapkan oleh Senator dari Oklahoma, Jim Inhofe yang menganggap ketiga negara itu adalah sekutu strategis AS di Asia. "Mereka (India, Vietnam dan Indonesia) merupakan sekutu strategis dan saat ini sedang membeli peralatan militer dari Rusia." "Namun pembelian itu harus tetap dilakukan sembari menunggu transisi militer ketiga negara tersebut." ujar Jim seperti dikutip dari Defenseworld.net, Senin (6/8).

Baca Juga: Tantang Balik Para Pemburunya, Pemilik Akun Facebook Andre Maroz Penghina Kopassus Siap Serahkan Mahar Rp 1 Miliar Bagi yang Bisa Menemukannya, Tak Sadar Jika Dirinya Bisa Saja Terjerat Hukuman Penjara Menteri Pertahanan AS, Jim Mattis juga senada dengan Jim Inhofe. Pada Juli lalu ia meminta Kongres AS untuk memberi pengecualian kepada ketiga negara karena Indonesia, Vietnam dan India punya hubungan historis dengan Rusia, namun sekarang mereka lebih condong untuk membeli persenjataan Made In USA. Permintaan Mattis akhirnya dikabulkan.

Baca Juga: Suasana Ramai Mendadak Berubah Tenang Ketika Adzan Berkumandang, Ini Penampakan Desa Madinah di Jawa Timur, Hampir Semua Warganya Berpakaian ala Timur Tengah Walaupun demikian Trump sempat marah atas lolosnya ketiga negara tersebut dari sanksi embargo CAATSA, tapi dirinya tak berdaya lantaran Senat AS sudah bulat membuat keputusan. Seperti diketahui Indonesia membeli 11 jet tempur Sukhoi Su-35 dengan metode imbal dagang. Hal ini sempat membuat AS akan menjatuhkan sanksi embargo ke Indonesia layaknya tahun 1998 dulu.

Baca Juga: Bagai Petir Menyambar di Siang Bolong, Kepala Desa di Kabupaten Bogor Tiba-tiba Meninggal Dunia Setelah Pamit Buang Air Kecil, Padalah Baru 7 Jam Dilantik dengan Kondisi Kesehatan Sangat Baik Untuk India dan Vietnam malah lebih lagi belanja peralatan militer dari Rusia. India yang paling jor-joran, negara Bollywood itu diketahui sebelumnya melakukan kerjasama militer segala lini dengan Rusia dalam pembuatan bersama Main Battle Tank T-90 Tagil, Sukhoi Su-30 versi India hingga Rudal Brahmos dan masih banyak lainnya seperti pembelian kapal selam bertenaga nuklir. Vietnam juga hampir serupa dengan India, dalam inventory alutsistanya hampir semua made in Rusia.

Baca Juga: Punya Pangkat Mentereng, Ini Sosok 3 Jenderal Geng Solo, Berawal dari Jabatan Kapolresta di Kampung Halaman Jokowi, Hingga Bergelimang Prestasi Miris memang, lantaran dulu senjata-senjata itu digunakan untuk menggebuk AS dalam perang Vietnam yang sekarang malah dianggap sekutu strategis dalam menghadapi agresivitas Tiongkok di Laut China Selatan.

Artikel ini telah tayang di Grid.ID dengan judul Indonesia Lolos dari Jeratan Embargo Amerika Serikat Karena Dianggap Sekutu Strategis.

(*)