Find Us On Social Media :

Cepat Bertindak dan Selalu Tepat Sasaran, Basarnas Indonesia Nyatanya Jadi Tim Penyelamat Terbaik di Asia, Sudah Biasa Hadapi Bencana Buat Para Petugas Sering Nekat

Basarnas saat evakuasi jasad korban pesawat jatuh

Gridhot.ID - Indonesia memang sering mengalami bencana alam.

Tak hanya bencana alam, bahkan sering kali Indonesia berhadapan dengan tragedi kecelakaan transportasi yang menyebabkan korban jiwa dalam jumlah besar.

Di saat itulah Basarnas datang untuk mengevakuasi semua korban yang terseret tragedi tersebut.

Baca Juga: Pasca 2 Kali Diperiksa Polisi Terkait Kematian Lina, Teddy Ungkap Rasa Kecewa Soal Autopsi Jenazah Sang Istri: Saya Hampir Mau Pingsan, Saya Langsung Keluar Aja

Badan SAR Nasional (Basarnas) merupakan lembaga pemerintah Non-kementerian Indonesia yang bertugas di bidang pencarian dan pertolongan.

Basarnas sendiri mempunyai tugas pokok melaksanakan pembinaan, pengkoordinasian dan pengendalian potensi SAR di wilayah Indonesia.

Basarnas yang juga bisa disebut Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) bertanggung jawab dan berkedudukan langsung dibawah presiden Indonesia.

Baca Juga: Dapat Serangan Balik dari Kucing Liar yang Berusaha Dia Usir, Wanita Ini Malah Mendapatkan Serangan Brutal, Dicakar Hingga Jari Tangannya Putus

Dikutip dari Flight Global, Rabu (31/10) pengalaman dalam operasi Search and Rescue berkali-kali di wilayah Indonesia menjadikan personel Basarnas amat berpengalaman.

Salah satu Quick Respon Basarnas yang membuat decak kagum dunia internasional ialah saat melakukan pencarian jatuhnya pesawat Air Asia QZ8501 di perairan Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah pada Desember 2014.

Tak perlu menunggu waktu lama, Basarnas segera bergerak melakukan pencarian Air Asia QZ8501.

Baca Juga: Rekaman CCTV Jadi Bukti, Artis FTV Ini Terciduk 2 Hari Ngamar di Hotel Bareng Napi Korupsi, Kini Hanya Diam Seribu Bahasa Usai Diperiksa KPK