Find Us On Social Media :

Darurat Corona, Komisi X dan Mendikbud Gelar Rapat Daring Sepakati Soal Penghapusan Ujian Nasional, Nasib Kelulusan Siswa Bergantung Pada Hal Ini

Sejumlah peserta menjawab soal Bahasa Indonesia saat pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)

Gridhot.ID - Wabah virus corona di Indonesia semakin bertambah darurat statusnya.

Hal ini berimbas pada berbagai macam segi pada pemerintahan Indonesia.

Salah satunya adalah dalam dunia pendidikan yang memasuki kalender ujian untuk para siswa sekolah.

Baca Juga: Rekaman Video Call Sule dengan Fany Kurniawaty Bocor ke Media, Sang Pramugari Lakukan Hal Ini Selama Komunikasi, Sering Melempar Senyuman

Saat ini tengah dikaji berbagai opsi ujian bagi siswa tingkat dasar dan menengah sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan kelulusan siswa, termasuk menggunakan nilai raport.

“Dari rapat konsultasi via daring (online) antara anggota Komisi X dan Mendikbud Nadiem Makarim maka disiapkan berbagai opsi untuk menentukan metode kelulusan siswa salah satunya dengan nilai kumulatif dalam raport,” ujar Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin malam (23/3/2020).

Dia menjelaskan, rapat konsultasi menyepakati yang digelar Senin malam menyebutkan bahwa pelaksanaan Ujian Nasional (UN) dari tingkat SMA, SMP, hingga SD ditiadakan.

Baca Juga: Berpotensi Jadi Tersangka, Irwansyah Mendadak Minta Pemeriksaannya Terkait Kasus Dugaan Penggelapan Uang Rp 1,9 Miliar Ditunda, Takut?

Kesepakatan ini didasarkan atas penyebaran Covid-19 yang kian masif.