Find Us On Social Media :

Melahap Apapun yang Ada di Hadapannya Hingga Tak Tau Berakhir di Mana, Lubang Hitam Berukuran Setara 5 Matahari Bimasakti Ini Letaknya Tak Jauh dari Bumi, Bisakah di Lihat dari Indonesia?

Ilustrasi Bumi terhisap lubang hitam.

Gridhot.ID - Tahun lalu, dunia dikejutkan dengan foto lubang hitam pertama yang pernah ada.

Kini dunia kembali dikejutkan dengan objek misterius luar angkasa tersebut.

Para astronom baru saja menemukan lubang hitam baru yang terdekat dengan Bumi, disebut dengan biner HR 6819.

Baca Juga: 2 Bahan Ini Diduga Ampuh Tangkal Virus Corona, LIPI Buat Teliti Khasiat yang Terkandung di Dalamnya, Berikut Prosesnya

Sebelumnya, lubang hitam yang ditemukan astronom ini ditemukan menggunakan teleskop 2,2 meter MPG/ESO yang berada di Observatorium La Shilla, Chili, seperti melansir dari Live Science, Rabu (6/5/2020).

Para astronom tersebut mengamati HR 6819 ini sebagai bagian dari studi yang lebih luas pada sistem bintang ganda.

Selanjutnya, temuan ini ditindaklanjuti oleh para astronom lainnya. Salah satunya adalah astronom amatir Indonesia, Marufin Sudibyo.

Baca Juga: Ngerasa Kebijakan Penanganan Covid-19 nya 'Dijegal', Anies Baswedan Blak-blakan ke Media Asing Ungkap Keburukan Pemerintah Pusat Dalam Tangani Pandemi: Saya Tak Khawatir Dicemooh!

HR 6819 (QV Telescopii) adalah sistem bintang tripel di rasi Telescopium yang salah satu anggotanya diketahui merupakan lubang hitam.

Sistem bintang ini berjarak 1.120 tahun cahaya dari Bumi, dibandingkan dengan lubang hitam lainnnya.

"Sehingga lubang hitam tersebut, yakni QV Telescopium Ab adalah lubang hitam stellar terdekat dengan Bumi kita," kata Marufin kepada Kompas.com, Jumat (8/5/2020).

Baca Juga: Bocor ke Publik, Beredar Rencana Pasar dan Mal Kembali Buka Setelah Lebaran, Tertulis Akhir Juli Semua Kegiatan Bisnis Sudah Kembali Normal, Jokowi: Kita Harus Berdamai dengan Corona