Find Us On Social Media :

China Makin Jadi Raksasa Industri, Pemerintah Jepang Gabung dengan AS dan Eropa Pagari Toyota hingga Sony, Tak Mau Perusahaan Raksasanya Tambah Ambruk di Tengah Pandemi

Keteledoran China dibongkar

Gridhot.ID - Ditengah keadaan memanasnya perang dagang, Jepang telah menyiapkan strategi untuk mengamankan asetnya.

Salah satu strateginya adalah memperketat perusahaan yang tunduk pada aturan kepemilikan asing.

Beberapa diantaranya adalah perusahaan raksasa seperti Toyota Motor Corp dan Sony Corp.

Baca Juga: Suaminya Jor-joran Tiap Kali Berikan Bantuan, Sandra Dewi Khawatir Tabungan Keluarganya Ludes di Tengah Wabah: Aku Ngerti Tuhan Pasti Bales, Lagi Corona Gini Gimana Ngebalesnya?

Langkah ini membuat pemerintah Jepang bergabung dengan AS, Eropa dan sejumlah negara lain dalam meningkatkan pengawasan industri yang dianggap sebagai kunci keamanan nasional.

Dilansir dari Reuters, Jepang mengidentifikasi 518 perusahaan dari sekitar 3.800 korporasi yang terdaftar di pasar saham senilai US $ 5,4 triliun yang memiliki inti operasi yang dinilai berkaitan dengan keamanan nasional.

Peraturan yang lebih ketat ini mencakup investasi asing dalam sektor-sektor yang penting bagi keamanan nasional, seperti minyak, kereta api, utilitas, senjata, ruang angkasa, tenaga nuklir, penerbangan, telekomunikasi dan cybersecurity.

Baca Juga: Tiongkok Klaim Semena-mena Laut China Selatan, Amerika Serikat Tingkatkan Operasi Militer Besar-besaran, Jet Tempur Paman Sam Buat Ketegangan Kian Meningkat

Investor asing yang membeli saham 1% atau lebih di perusahaan-perusahaan Jepang di 12 area tersebut, akan menghadapi pra-penyaringan, dibandingkan dengan ambang sebelumnya yang sebesar 10%.