Find Us On Social Media :

Banyak Negara Sudah Siapkan Vaksin dalam Waktu Dekat, Indonesia Malah Ketahuan Punya Virus Corona yang Paling Beda Satu Bumi, Ahli Ungkap Nasib Tanah Air Nanti

Ilustrasi vaksinisasi

Gridhot.ID - Ahli punya kabar tidak menyenangkan terkait wabah virus corona yang sedang terjadi.

Virus corona yang ada di Indonesia tak masuk katagori yang ada di dunia.

Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Prof Amin Soebandrio menyatakan tiga jenis virus corona di Indonesia tidak masuk kelompok besar S, G.

Baca Juga: Bikin Khawatir, Najwa Shihab Unggah Foto Filter Abu-abu, Akui Sedang dalam Masa Pemulihan Tindakan Medis, Warganet: Mbak Nana Sakit Apa?

Amin mengatakan, Eijkman sebelumnya telah mengirim tujuh whole genome sequencing (WGS) virus corona dari Indonesia ke lembaga Global Initiative on Sharing All Influenza Data (GISAID).

"Nah tiga dari tujuh WGS yang dikirim Eijkman itu tidak termasuk S, G, maupun V, sehingga sementara ini dikelompokkan sebagai others (jenis lain)," kata Amin saat dihubungi Kompas.com, Kamis (04/06).

Perlu untuk diketahui, GISAID adalah bank data influenza di dunia yang bertugas mengumpulkan semua virus flu.

Baca Juga: Pamer Foto Wisuda, Najwa Shihab 'Tantang' Erick Thohir, Sandiaga Uno Hingga Dian Sastro, Ajak Kampanyekan #WisudaLDR2020: Setiap Pencapaian Layak Dirayakan!

Tak hanya itu, GISAID juga melakukan penelitian terhadap virus penyebab Covid-19.

"Ada tiga virus Indonesia yang sejak awal dilaporkan tidak termasuk dalam kelompok besar yang ada di dunia ini menurut GISAID," ujar Amin.

Tiga WGS virus Indonesia tadi, lanjutnya, bila berdasarkan NEXTSTRAIN masuk dalam kelompok 19A.

Baca Juga: Emosi Dituduh Sebagai Maling Bansos, Ketua RT Aniaya Warganya yang Sudah Berusia Senja hingga Babak Belur, Begini Kronologinya!