Find Us On Social Media :

Diam-diam Saudara Tua Indonesia Ternyata Lebih Terlilit Utang, Jepang Tembus Rp 170.800 Triliun, Padahal Tanah Air Cuma Rp 5000 Triliun, Kok Bisa?

Mata uang Dollar Amerika

GridHot.ID - Setiap negara tentu memiliki utang.

Tak terkecuali Indonesia.

Berdasar laporan Bank Indonesia, pada akhir April 2018, jumlah utang luar negeri (ULN) berada di angka 356,9 miliar dollar Amerika Serikat (AS) (Rp 5.000 triliun).

Nah, bicara soal hal itu, Jepang ternyata telah menambah utangnya senilai 2 triliun dollar AS.

Baca Juga: Masih Gesit dan Lincah Berjoget, Begini Penampilan Janda Soekarno, Ratna Sari Dewi di Pesta Ulang Tahunnya, Netizen: Gokil 80 Tahun!

Utang tersebut digunakan untuk membiayai paket stimulus sebagia bantalan perekonomian di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Dilansir dari AFP pada Kamis (11/6/2020), besaran utang Jepang tersebut mencapai 2,5 kali lipat dari keseluruhan Produk Domestik Bruto (PDB) negara tersebut.

Jepang pun saat ini berupaya untuk mengelola yield surat utang pemerintah pada level yang sangat rendah serta kepercayaan investor tetap tinggi untuk menghindari default.

Baca Juga: 10 Hari Pasca Putus dari Luna Maya, Reino Barack Sempat Beri Hadiah Terakhir untuk Sang Mantan, Rela Lakukan Hal Ini Lantaran Dipaksa oleh Keadaan