Find Us On Social Media :

Era New Normal Tetap Waspada, Jangan Sering Ngobrol di Angkutan Umum Termasuk Kereta Api, Ternyata Droplet Gampang Tersebar dan Bertahan Hingga 15 Menit Lamanya, Begini Penjelasannya

Seorang petugas medis Vietnam sedang menyemprotkan disinfektan ke kereta api, sebagai tindakan untuk membasmi wabah virus corona. Gambar diambil di Hanoi, Vietnam, 19 Maret 2020

Gridhot.ID - Pemerintah memang sudah memersiapkan masyarakatnya untuk menyambut era new normal di tengah wabah yang menyerang.

Memasuki era new normal yang digadang-gadang Presiden Jokowi akan dimulai dalam waktu dekat, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menyiapkan sejumlah prosedur bagi karyawan maupun pengguna kereta rel listrik (KRL).

Salah satunya adalah penumpang dilarang berbicara langsung maupun lewat telepon selama melakukan perjalanan dalam kereta.

Baca Juga: Lama Tak Pulang ke Asrama Gara-gara Corona, Mahasiswa Ini Kaget Dapati Hal Ini Ada di Kamarnya, Lihat Apa yang Ada di Bawah Kasurnya

"Saat ini yang sudah disampaikan adalah imbauan kepada seluruh pengguna untuk tidak berbicara secara langsung maupun melalui telepon seluler, karena salah satu penularan Covid-19 melalui droplet atau cairan yang keluar dari saluran mulut dan hidung saat batuk, bersin, maupun berbicara," kata Vice President Corporate Communications KCI, Anne Purba dalam keterangan pers-nya di Jakarta, Kamis (28/05/20).

Kebijakan lainnya, di antaranya tetap menjalankan protokol kesehatan pada moda transportasi publik yang sudah berjalan selama ini, yaitu wajib menggunakan masker selama berada di area stasiun dan di dalam KRL.

Akan dilakukan juga pemeriksaan suhu tubuh penumpang, dan penerapan physical distancing atau jaga jarak sesuai dengan marka-marka yang ada di area stasiun dan di kereta.

Baca Juga: Ngeluh Digaji Rp 6 Juta Sebulan, Pria Ini Langsung Intimidasi Bos Kantornya Minta Naik Gaji, Ngaku Capek Kerjaan 8 Jam Sehari Bayaran Tak Setimpal, Begini Nasibnya Sekarang

Senada dengan ketentuan-ketentuan di atas, Dokter spesialis penyakit dalam pada Junior Doctor Network, dokter Edward Faisal SpPD menyarankan masyarakat pengguna transportasi publik tidak berbicara guna mencegah penyebaran virus corona tipe baru karena ada tetesan atau droplet kecil yang keluar dari mulut seseorang dan dapat bertahan 15 menit sebelum jatuh.