Find Us On Social Media :

99 Persen Diklaim Ampuh Tangkal Covid-19, Siapa Sangka Obat Luka Familiar di Indonesia Ini Bisa Bunuh Virus Corona, Berikut Penjelasan Ahli

Ilustrasi obat luka

Gridhot.ID - Beberapa waktu belakangan, pengguna media sosial tengah ramai membicarakan cairan dengan kandungan antiseptik Povidone-iodine yang disebut ampuh untuk membunuh virus penyebab Covid-19, Sars-CoV-2.

Dalam postingan yang dibagikan oleh akun Instagram @infia_fact, disebutkan bahwa antiseptik Povidone-iodine tersebut terkandung dalam obat luka yang beredar di tanah air, Betadine.

"Antiseptik Povidone-Iodine yang kita kenal dengan Betadin di Indonesia, terbukti efektif membunuh 99.99% virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 dalam waktu 30 detik," tulis @infia_fact.

Baca Juga: Sudah Ada di Depan Mata, Sosok Ini Diterawang Mampu Selesaikan Konflik Krisdayanti dengan Aurel dan Azriel Hermansyah, Mbak You: Bisa Bikin Semuanya Tenang dan Menyatu

Mengomentari hal yang tengah menjadi bahan perbincangan tersebut, Dosen Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Dr Panji Hadisoemarto MPH memberikan penjelasannya.

Seperti dilansir dari Kompas.com, Panji membenarkan kemampuan Betadine untuk membunuh virus karena kandungan Providone-iodin di dalamnya bersifat sebagai antiseptik.

Hal ini sendiri terjadi karena Providone-iodin merupakan zat antimikroba yang mampu membunuh bakteri, jamur, protozoa, dan virus.

Baca Juga: Dikenal Sebagai Sosok Duda Pemikat Wanita, Foto-foto Dory Harsa Bersama Mantan Istrinya Kembali Ramai Beredar, Inilah Sosok Perempuan yang Pernah Dampingi si Penabuh Gendang

"Jadi virus itu tidak bertahan lama kalau terpapar zat-zat antiseptik," terangnya ketika dimintai keterangan pada Selasa (16/6) kemarin.

Meskipun begitu, untuk temuan bahwa Providone-iodin dapat membunuh virus corona, saat ini masih berdasar studi in vitro yang berarti masih dilakukan pada tabung percobaan, bukan makhluk hidup.