Find Us On Social Media :

Jadi Tempat Suci di Mana Kaisar Romawi Timur Dinobatkan, Hagia Sophia Hanya Boleh Dinjak Oleh Satu Mahluk Ini, Hobi Nongkrong di Mimbar Sampai Jadi Sosok Istimewa yang Ditemui Barack Obama

bagian dalam dari Hagia Sophia, salah satu destinasi andalan Turki. Sejak 1935 hingga kini, Pemerintah Turki menjadikan Hagia Sophia sebagai museum.

Gridhot.ID - Bangunan Hagia Sophia memang memiliki keindahan luar biasa.

Hagia Sophia yang dibangun sebagai gereja lalu sempat 'disekulerkan' dengan menjadi museum, kini kembali berubah menjadi masjid atas perintah Presiden Turki Tayyip Erdogan.

Keputusan ini lantas menuai kritikan dari berbagai belahan dunia mulai dari Rusia, Yunani, hingga Amerika Serikat.

Ada yang menilainya sebagai hal yang memalukan ada pula yang menganggap keputusan Erdogan tersebut sebagai provokasi kepada dunia beradab.

Baca Juga: Gugus Tugas Sebut Solo Berubah Jadi Zona Hitam, Padahal Kota Tetangganya Ini Jauh Lebih Parah, Kasus Coronanya Tembus Ratusan, Kok Bisa?

Tapi bangunan megah ini juga menyimpan cerita menarik yang lain, yaitu kisah tentang seekor kucing betina bernama Gli.

Gli, yang artinya persatuan cinta adalah seekor kucing jenis Europian shorthair dengan mata yang bulat dan bercahaya.

Kucing ini telah tinggal di dalam bangunan bersejarah Hagia Sophia selama hampir empat belas tahun.

Selama itu pula, Gli menjadi salah satu kucing paling terkenal di dunia bahkan namanya ada di dalam laman resmi museum serta memiliki akun Instagram sendiri.

Baca Juga: Bupati Brebes Santai Ikut Gowes Massal Sampai Gelar Dangdutan di Tengah Wabah Corona, Rakyatnya Dibiarkan Tak Pakai Masker Saat Acara, Ganjar Pranowo Ngamuk Nggak Karuan

Gli juga seekor kucing favorit pengunjung museum dan sering diajak berfoto bersama.