Find Us On Social Media :

Laut China Selatan Bisa Membara, Pakar Militer Sebut F-22 Raptor Amerika Serikat Bakal Loyo Lawan J-20 China, Kemampuan Ini yang Bakal Bungkap Negeri Paman Sam

F-22 Raptor, jet tempur generasi kelima AU AS

Gridhot.ID - Amerika Serikat sepertinya memang bakal kesulitan melawan China.

Pesawat tempur F-22 Raptor milik Amerika Serikat dinilai bakal kewalahan menghadapi pesawat China di Pasifik. Pasalnya F-22 dirancang untuk pertempuran di Eropa yang memiliki kondisi yang berbeda di Asia Pasifik.

Yang Wei, perancang pesawat tempur siluman pertama China J-20, mengatakan mesin kembar F-22 dapat menghadapi tantangan yang sama dengan pesawat pembom tempur F-4 yang dikirim Pentagon ke perang Vietnam antara 1965 dan 1973.

Baca Juga: Ngeri! Ribuan Monyet Menggila di Kota Lopburi Bak Film 'Planet of The Apes', Buat Warga Terpenjara dalam Rumah hingga Polisi Kualahan dengan Kebrutalannya

"Lingkungan yang kompleks dan kendala politik di Vietnam menyebabkan F-4 hampir gagal menunjukkan kemampuan kecepatan tinggi dan kemampuan tempurnya di atas cakrawala," tulis Yang dalam makalah yang diterbitkan dalam jurnal aeronautika Tiongkok Acta Aeronautica et Astronautica Sinica seperti dikutip South China Morning Post.

Dia mengatakan F-22 yang terinspirasi oleh Perang Dingin antara Amerika Serikat dan bekas Uni Soviet, dirancang untuk pertempuran di Eropa dan bisa menghadapi masalah yang sama sekarang karena telah dikerahkan di Asia-Pasifik.

Sejauh ini pakar militer mengatakan bahwa J-20 Weilong jelas dipandang sebagai jawaban China untuk menghadapi F-22.

Baca Juga: Heboh Foto Imam Besar FPI Dibakar Massa, Politikus PKS Meradang dan Bandingkan dengan Kasus Ahmad Dhani: Ini Tidak Boleh Terjadi!

Membandingkan keduanya, Song Zhongping, seorang komentator militer di Hong Kong, mengatakan keuntungan terbesar J-20 adalah pesawat ini dikembangkan dari pengamatan atas milik F-22. Termasuk cara memperbaiki kekurangan dan penguatan teknologi dapat digunakan untuk mengoptimalkan pesawat.