Find Us On Social Media :

Bukan Lagi Bagian dari Indonesia, Timor Leste Kini Harus Hadapi Masalah Negaranya Sendiri, Akali Panas Matahari Demi 200 Liter Air Tawar Setiap Hari

Bendera Timor Leste

Intisari-Online.com - Negara Timor Leste punya masalah kekeringan parah.

Seperempat populasinya atau sekitar 350.000 orang sudah mengalami kelangkaan air.Tak tinggal diam, negara yang sempat menjadi bagian dari Indonesia itu melakukan sebuah inovasi.

Apa itu?

Dilansir dari channelnewsasia.com pada Selasa (4/8/2020), penduduk dari desa Akrema di pulau terpencil Atauro, Timor Leste belum pernah melihat yang seperti ini sebelumnya.

Baca Juga: Cuma Sedikit Orang yang Tahu, Timor Leste Merdeka Bukan karena Usahanya Sendiri, Ternyata 3 Negara yang Campur Tangan di Balik Kebebeasan Timor Timur

Di mana ada 40 hidropan berderet, miring ke langit, lalu melakukan proses misterius untuk memberi mereka komoditas yang sangat mereka butuhkan, yaitu air bersih.

Teknologi ini disebut 'Source' yang berarti 'sumber'.

Source dirancang oleh perusahaan Amerika Zero Mass dan bertujuan untuk menghasilkan air minum berkualitas tinggi murni dari sinar matahari dan udara.

Tanpa menghubungkan ke jaringan listrik, teknologi ini menggunakan energi matahari untuk membentuk kondensasi di panel, yang secara perlahan mengumpulkan dan mengalirkan selang ke desa di bawahnya.

Baca Juga: Awalnya Dibantu Merdeka dari Indonesia, Timor Leste Kini Justru Jadi Korban Kelicikan Australia, Kekayaan Minyak dan Gas Dicuri Lewat Penyadapan