Find Us On Social Media :

Asyik di Ruang Tamu Usai Kembali Berlibur Bersama Suami, Istri Duta Besa Belanda di Lebanon Tewas Setelah Dihantam Puing-puing Ledakan yang Setara 3 Kiloton TNT, Ini Sosoknya

Hedwig Waltmans-Molier

Laporan Wartawan GridHot.ID, Desy Kurniasari

GridHot.ID - Perhatian seluruh dunia belakangan ini tertuju pada ledakan yang terjadi di ibukota Lebanon, Beirut.

Diketahui bahwa ledakan tersebut terjadi pada Selasa (4/8/2020) petang waktu setempat di kawasan pelabuhan.

Melansir Kontan.co.id, kepulan asap berwarna oranye membubung ke langit setelah ledakan kedua terjadi. Diikuti gelombang kejut mirip tornado yang menyapu Beirut.

Baca Juga: Gudang Pelabuhan Beirut Jadi Sorotan Sumber Petaka, Kapten Kapal Pengangkut Amonium Nitrat Beberkan Fakta Berkaitan Soal Ledakan: Majikan Rakus hingga Buat Kargo Menumpuk

Sebuah rekaman video menunjukkan bagaimana jamur raksasa terbentuk dalam ledakan di Beirut, ibu kota Lebanon. Insiden itu terjadi di kawasan pelabuhan dan mengirim gelombang kejut ke seantero kota, menggetarkan kaca, dan menyebabkan balkon apartemen runtuh.

Saking masifnya, ledakan itu bisa terdengar hingga ke negara tetangga, seperti Siprus yang terletak 240 kilometer jauhnya.

Perdana Menteri Hassan Diab menyatakan, penyebab ledakan tersebut disinyalir karena 2.750 ton amonium nitrat yang merupakan pupuk pertanian. Diab menambahkan bahwa pupuk itu disimpan selama bertahun-tahun dalam gudang di tepi laut.

Baca Juga: Foto 3 Tukang Las Ini Justru Patahkan Teori Ledakan Kota Beirut Lebanon, Karung-karung Amonium Nitrat di Hadapannya Jadi Bukti Nyata, Intelijen Israel Sudah Dapat Bocoran Sejak Lama

Diab menegaskan bahwa Pemerintah Lebanon segera menggelar penyelidikan untuk mengetahui siapa yang bertanggung jawab atas insiden mengerikan tersebut. "Apa yang terjadi hari ini tidak akan dibiarkan begitu saja. Mereka yang bertanggung jawab akan menerima akibatnya," janji Diab.

Para ilmuwan memperkirakan ledakan yang mengguncang Beirut setara dengan ledakan 3 kiloton TNT. Ledakan tersebut juga setara dengan seperlima ledakan bom atom yang meluluhlantakkan Kota Hiroshima, Jepang, di pengujung Perang Dunia II.