Find Us On Social Media :

Waspada! Saat Sinabung Meletus, Ternyata Seperti Ini Status Puluhan Gunung Api Lain di Indonesia

Gunung Sinabung

GridHot.ID - Indonesia dirundung duka.

Gunung Sinabung meletus lagi

Dilansir dari Kompas.com, gunung yang terletak di Sumatera Utara itu meletus pada Senin (10/8/2020), pukul 10.16 WIB, dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 5.000 meter di atas puncak atau 7.460 meter di atas permukaan laut.

"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan tenggara," kata Kasbani, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (10/8/2020).

Baca Juga: Waspada! NASA Sebut Matahari Memasuki Masa-masa Lockdown, Bumi Bakal Kena Dampak Kelaparan, Gunung Api Meletus, hingga Cuaca Dingin yang Ekstrim, Simak Penjelasan Ahli

Kasbani mengatakan, saat ini, Gunung Sinabung berada pada status Level III (Siaga) sejak Mei 2019.

Terkait status gunung api yang lain, Kasbani mengatakan, masyarakat bisa memantau secara langsung melalui laman resmi PVMBG.

"Bisa ditelusuri di MAGMA Indonesia, atau web PVMBG di bagian press release, juga informasi letusan," kata Kasbani.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di laman MAGMA Indonesia, Senin (10/8/2020) pukul 13.17 WIB, tercatat ada 2 gunung api dengan status level III (Siaga) dan 20 gunung api dengan status level II (Waspada).

Baca Juga: Usai Gunung Anak Krakatau 'Batuk', 13 Gunung Berapi Ini Nyatanya Juga Pada Level Waspada dan Siaga, Berikut Rinciannya