Find Us On Social Media :

Jet Tempurnya Sudah Mengudara Siap Usir China, Taiwan Mendadak Ubah Perintah Pilotnya untuk Tidak Lakukan Tembakan Pertama, Ternyata Ini Alasannya

Ilustrasi pesawat tempur Flanker J-11B China

Gridhot.ID - Konflik China dan Taiwan kini sedang memanas.

Taiwan telah mempersiapkan pasukannya untuk menghadapi China.

Pesawat tempur pun sudah mengudara untuk mengawasi pergerakan China.

Baca Juga: Ingat Fedrik Adhar? Jaksa yang Tangani Kasus Novel Baswedan Dikabarkan Meninggal Dunia, Rekan Sejawat: Infonya Setelah Pulang dari Baturaja

Namun, Militer Taiwan mengemban perintah bahwa pilot pesawat tempurnya "untuk tidak melakukan tembakan pertama" di tengah ketegangan yang meningkat di Selat Taiwan.

China Times yang dekat dengan Beijing pada Senin (17/8) melaporkan, Angkatan Udara Taiwan telah memerintahkan pilot untuk menghindari "salah tembak" ketika mereka mendapat tugas untuk mengusir jet tempur China dan pesawat lain yang "menyusup" ke wilayah udara Taiwan.

"Hanya pilot berpengalaman yang akan dikirim untuk memimpin dalam setiap operasi yang memantau (penyusupan) pesawat tempur, untuk menghindari kesalahan tembak," sebut laporan China Times mengutip sumber militer Taiwan seperti dilansir South China Morning Post.

Baca Juga: Ketimbang Balikan dengan Band Peterpan, Ariel Noah Ternyata Lebih Pilih Balikan dengan Mantan Kekasih, Luna Maya Atau Shopia Latjuba?

"Untuk menghindari kecelakaan yang bisa memicu insiden militer, pilot telah diinstruksikan bahwa mereka tidak boleh melakukan tembakan pertama tanpa perintah langsung dari komando Angkatan Udara," kata laporan China Times.

"Setiap pilot yang melanggar perintah akan menghadapi tindakan hukum (dari militer)," imbuh laporan China Times.