Find Us On Social Media :

Awalnya Mau Bersihkan Loteng Rumah, Warga OKI Ini Kaget Dapati Guci Berisi Surat Utang Negara Republik Indonesia Tahun 1947 ke Kakeknya, Segini Nominalnya, Sejarawan Angkat Bicara

Viral surat utang negara tahun 1947 senilai Rp 1.500 di Ogan Komering Ilir (OKI)

Laporan Wartawan GridHot, Desy Kurniasari

GridHot.ID - Sebuah surat yang disebut dari masa lampau ditemukan di Ogan Komering Ilir (OKI).

Surat yang diduga berupa pinjaman utang piutang itu pun menjadi viral di masyarakat.

Melansir TribunSumsel.com, surat tersebut ditemukan oleh cucu dari pembuat surat perjanjian utang negara tersebut, Harun Djakfar.

Baca Juga: Jadi Buronan, Pemilik Mobil Kijang Biru yang Halangi Mobil Ambulans Berisi Pasien Kritis Berhasil Ditemukan, Siapa Sangka, Pemiliknya Orang Sumedang yang Tak Pernah Keluarkan Mobilnya dari Garasi, Polisi Langsung Cium Kejahatan Ini

Dalam surat tersebut tertulis utang negara sebesar Rp 1.500.

"Ini yang tadi saya bilang, surat berupa utang negara kepada kakek saya di tahun 1947," ucapnya sambil menunjukkan secarik kertas yang telah di laminating (dilapisi dengan plastik-red).

Dibacakan Harun, isi dalam surat tersebut mengandung perjanjian pinjaman uang oleh negara Republik Indonesia.

Baca Juga: Bentangkan Kain Merah Putih di bawah Pohon, Gerombolan Wanita Tuai Hujatan Karena Lakukan Hal Ini, Netizen: Penghinaan Lambang Negara!

"Telah terima dari nama H. Jakfar dusun tanjung baru kewedaan Ogan Komering Ilir uang pinjaman kepada pemerintah Republik Indonesia sebesar seribu lima ratus rupiah (Rp1.500)

Yang mana telah memenuhi surat perintah d.d komandan resimen brigader garuda tahun 10-11-1947.