Find Us On Social Media :

Lagi, Turki Rubah Museum Bekas Gereja Juru Selamat di Chora Jadi Masjid, Yunani Angkat Bicara, Singgung Provokasi Beragama

Ankara-Athena Bersitegang, Presiden Erdogan Barangsiapa Serang Kapal Turki Maka Ia Akan Buat Perhitungan

Gridhot.ID - Konflik soal keagamaan kembali mencuat di Timur Tengah dan Turki.

Usai baru-baru ini adanya kasus desakan Erdogan ingin kembalikan Hadia Shopia jadi masjid, muncul desakan lain.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Jumat (21/8/2020) memerintahkan gereja Ortodoks kuno lainnya, yang menjadi masjid kemudian museum Istanbul populer, untuk diubah kembali jadi masjid.

Baca Juga: Pantas Faisal Harris Sampai Bertekuk Lutut, Ternyata Seperti Ini Sifat Asli Jennifer Dunn, Sahabat Dekat: Figure Anak Ini Baik

Mengutip Channel News Asia, keputusan Erdogan untuk mengubah Museum Kariye menjadi masjid itu datang hanya sebulan setelah konversi kontroversial serupa untuk Hagia Sophia yang diakui sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO.

Kedua perubahan tersebut mencerminkan upaya Erdogan untuk menggembleng pendukungnya yang lebih konservatif dan nasionalis pada saat Turki mengalami periode baru inflasi dan ketidakpastian ekonomi akibat virus corona baru.

Tetapi, Erdogan telah menambah ketegangan Turki dengan Yunani dan Gereja Ortodoksnya.

Baca Juga: Satu Geng dengan Mayangsari, Ussy Sulistiawaty Mendadak Bongkar Kelakuan Ibu-ibu Sosialita Ketika Kumpul Bareng, Ternyata Bahas Hal Ini

Melansir Channel News Asia, Kementerian Luar Negeri Yunani menyebut keputusan Erdogan tersebut sebagai "provokasi lain terhadap orang-orang beragama di seluruh dunia" oleh Pemerintah Turki.

Sejarah bangunan gereja berusia 1.000 tahun itu sangat mirip dengan Hagia Sophia, yang lebih besar di tepi Barat yang bersejarah, Tanduk Emas di sisi Eropa dari Istanbul.