Find Us On Social Media :

Dikucilkan Saat Indonesia Jadi Bagian Dewan Keamanan PBB, Amerika Serikat Kini Mirip Singa Tak Bertaring, Usulannya Soal Pengembalian Sanksi Terhadap Iran Ditolak Mentah-mentah

PBB

GridHot.ID- Amerika Serikat (AS) seperti singa tak bertaring.

Usulan AS untuk mengembalikan semua sanksi terhadap Iran karena dituduh melanggar kesepakatan, ditolak mentah-mentah oleh 13 negara dari 15 anggota Dewan Keamanan PBB, Jumat (22/8/2020).

Terkait hal itu, sebagaimana dikutip dari Reuters, AS pun semakin diisolasi.

Negara-negara yang menolak ajakan AS itu, termasuk Indonesia, beralasan bahwa Washington telah menarik diri dari perjanjian nuklir dengan Iran dua tahun lalu sehingga otomatis perjanjian itu tidak berlaku lagi.

Baca Juga: Nggak Mau Kalah, Indonesia Akhirnya Berhasil Amankan Stok Vaksin Corona untuk Tahun 2020, Dua Negara Ini Bakal Jadi Penyedia Utama

Penolakan itu terjadi hanya dalam waktu 24 jam sejak Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan dia menghitung mundur 30 hari untuk mengembalikan sanksi PBB terhadap Iran, termasuk embargo senjata.

Sekutu lama AS, Inggris, Prancis, Jerman, Belgia, serta China, Rusia, Vietnam, Nigeria, Afrika Selatan, Indonesia, Estonia dan Tunisia telah menulis surat menentang pengembalian sanksi tersebut.

Amerika Serikat menuduh Iran melanggar kesepakatan 2015 dengan kekuatan dunia yang bertujuan untuk menghentikan Teheran mengembangkan senjata nuklir dengan imbalan keringanan sanksi.

Baca Juga: Mlempem Total, Amerika Serikat Jadi Anak Tiri Semenjak Indonesia Jadi Anggota Dewan Keamanan PBB, Kegarangannya Selama Ini Hancur Total dan Makin Terkucilkan