Find Us On Social Media :

Sok-sokkan Rangkul Negara ASEAN, Tiongkok Nyatanya Punya Niat Busuk, Negeri Tirai Bambu Butuh Kekuatan untuk Tendang Amerika Serikat dari Permasalahan Laut China Selatan

Konflik Laut China Selatan

GridHot.ID - China mengklaim wilayah di Laut China Selatan yang disebut 'sembilan garis putus-putus'. 

China juga terlalu rutin menggelar latihan perang di laut tersebut serta melarang negara ASEAN untuk menangkap ikan di laut itu.

Namun saat negara lain terutama negara-negara ASEAN mulai menolak klaim mereka serta mulai siapkan senjata untuk melawan China, China mulai keluarkan ucapan manisnya.

Mengutip South China Morning Post, Beijing suarakan kekhawatiran mereka mengenai risiko konflik yang meningkat di perairan tersebut.

Baca Juga: Sekian Lama Diam Demi Jaga Kerjasama, Filipina Akhirnya Murka Juga dengan China, Kepalsuan Tiongkok Langsung Dibongkar

Beijing menggunakan pernyataan Menteri Luar Negeri (Menlu) AS Mike Pompeo yang menolak klaim China.

Tiga minggu setelah penolakan klaim China atas Laut China Selatan oleh Mike Pompeo, Beijing memanggil 10 diplomat ASEAN bersama-sama bertemu.

Tujuannya adalah menyuarakan kekhawatiran mereka mengenai konflik yang terus meningkat di perairan tersebut.

Pertemuan di Beijing awal Agustus lalu, pejabat China untuk hubungan maritim mengatakan kekhawatiran Beijing terhadap risiko tinggi dari aktivitas militer oleh negara non-regional.