Find Us On Social Media :

Siap-siap Kedatangan Pengungsi Perang, Pertempuran Tiongkok dan Amerika Serikat di Laut China Selatan Diprediski Buruk Bagi Indonesia, Mantan Kepala Intelijen TNI Beri Penjelasannya

Kapal Induk Amerika di Laut China Selatan

GridHot.ID - Mantan Kepala Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI Laksamana Muda TNI (Purn) Soleman B Ponto meyakini Indonesia akan terdampak jika Amerika dan China bertempur di Laut China Selatan.

Soleman mengatakan dari sisi lingkungan setidaknya laut Indonesia akan tercemar.

Tidak hanya itu, ia juga meyakin Indonesia akan kedatangan pengungsi perang dari sekitar Laut China Selatan.

Hal tersebut diungkapkan Soleman ketika menanggapi pertanyaan seorang peserta Diskusi Webinar bertajuk "Polemik Rancangan Perpres Tentang Tugas TNI dalam Mengatasi Terorisme" yang diselenggarakan Universitas Paramadina, Selasa (9/6/2020).

Baca Juga: Kembali Diprovokasi, Petinggi Militer Tiongkok Seenak Jidat Gerakkan Angkatan Laut dan Udara Usir Kapal Perang Amerika: Ini Telah Merusak Kedaulatan Kami di Laut China Selatan!

"Bagaimana laut itu akan menjadi kotor. Bagaimana terjadi pencemaran lingkungan. Pasti akan berdampak kepada Indonesia. Bagaimana nanti kalau ada pengungsi datang ke mana, ke Indonesia lagi."

"Kita ingat bagaimana kasus Pulau Galang yang penuh dengan pengungsi. Sehingga apa yang akan terjadi dengan Laut China Selatan pasti akan berdampak kepada Indonesia," kata Soleman.

Diberitakan sebelumnya, situasi di kawasan Laut China Selatan kembali memanas.

Baru-baru ini, Shandong, kapal induk pertama yang China buat di dalam negeri, melakukan uji coba laut pada 22 Mei lalu, CCTV melaporkan. Pandemi virus corona menghambatnya untuk turun ke laut.

Baca Juga: Pantas Dimusuhi Satu Bumi, Tiongkok Nyatanya Sudah Jelas-jelas Langgar Perjanjian 2002 Tentang Laut China Selatan, Bukannya Sadar Diri, Malah Provokasi Tembakkan 4 Rudal