Find Us On Social Media :

Makin Berani Langgar Hukum Internasional, Beijing Tembakkan 4 Rudal Pembunuh Kapal Induk ke Laut China Selatan, Pentagon Tegaskan Hal Ini

rudal balistik China DF-26 jarak menengah

GridHot.ID - Laut China Selatan semakin memanas.

Amerika Serikat (AS) menyebut China telah meluncurkan serangkain uji coba rudal balistik ke wilayah yang disengketakan itu pada Minggu ini.

Dilansir dari Kontan.co.id, Beijing mengklaim hampir semua wilayah di Laut Cina Selatan sebagai wilayah kedaulatannya dan telah meningkatkan upaya untuk menegaskan dominasinya atas perairan kaya sumber daya ini dalam beberapa tahun terakhir.

Baca Juga: Siap-siap Kedatangan Pengungsi Perang, Pertempuran Tiongkok dan Amerika Serikat di Laut China Selatan Diprediski Buruk Bagi Indonesia, Mantan Kepala Intelijen TNI Beri Penjelasannya

Di antaranya dengan mengubah serangkaian terumbu karang dan atol menjadi pulau-pulau buatan yang dijaga ketat serta meningkatkan aktivitas angkatan lautnya di wilayah tersebut.

Ambisi teritorial China diperebutkan oleh setidaknya lima negara lain, dan telah ditolak mentah-mentah oleh Washington yang telah menyatakan klaim Beijing ilegal berdasarkan hukum internasional.

Ketegangan terbaru muncul usai seorang pejabat pertahanan AS mengatakan kepada CNN bahwa militer China meluncurkan empat rudal jarak menengah dari daratan China pada hari Rabu.

Baca Juga: Kembali Diprovokasi, Petinggi Militer Tiongkok Seenak Jidat Gerakkan Angkatan Laut dan Udara Usir Kapal Perang Amerika: Ini Telah Merusak Kedaulatan Kami di Laut China Selatan!