Find Us On Social Media :

'Negara dalam Negara' Pusat Kekatolikan Dunia, Berikut Sejarah Terbentuknya Vatikan, Tokok Fasisme Ini Ternyata Turut Campur Tangan

Pemandangan kota Vatikan dan Vatican Garden

Gridhot.ID - Sebuah negara biasanya memiliki kedaulatan wilayah yang ingin terus dikembangkan.

Namun di dunia ini ada beberapa negara yang memiliki luas wilayah sangat kecil.

Salah satunya adalah Vatikan.

Baca Juga: Waspada! Anggota Dewan dan Bupati Karanganyar Sudah Jadi Korbannya, Pembajakan WhatsApp Merajalela di Solo, Ini Modusnya

Lantas, apakah Vatikan negara terkecil di dunia? Saat ini, Vatikan tercatat sebagai negara terkecil di dunia.

Sejarah Vatikan

Dikutip dari laman resmi Kementerian Luar Negeri Vatikan, Negara Kota Vatikan dibentuk melalui Traktat Lateran yang ditandatangani pada 1929 antara Wakil Kepala Pemerintah Takhta Suci Kardinal Pietro Gaspari dan Perdana Menteri Kerajaan Italia Benito Mussolini.

Vatikan diakui sebagai badan politik yang menjamin Takhta Suci sebagai institusi tertinggi dalam Gereja Katolik sedunia sekaligus negara berdaulat.

Baca Juga: Pamornya Kini Terjun Bebas, Barbie Kumalasari Mendadak Ngaku Jadi Anak Indigo Hingga Buka Konsultasi, Netizen: Efek Sepi Job!

Negara Vatikan terbentuk setelah melewati proses panjang. Sekitar pertengahan abad ke-8, terbentuk Negara Kepausan (Stato Pontificio) dengan wilayah meliputi seluruh Kota Roma yang terbentang antara pesisir Barat dan Timur Italia.

Proses penyatuan kerajaan-kerajaan Italia mengakibatkan Negara Kepausan beberapa kali terancam dan terlibat dalam politik serta perang wilayah.