Find Us On Social Media :

Dicurigai Jadi Sarang Perekrutan Agen Rahasia China di Amerika, Menlu Mike Pompeo Bakal Tutup Pusat Budaya China di AS Akhir Tahun: Mereka Bawa Propaganda Global dan Pengaruh Jahat Beijing!

(Ilustrasi) mata-mata China

Gridhot.ID - Amerika Serikat ( AS) berencana akan menutup semua pusat budaya Institut Konfusius China di semua universitas AS, pada akhir tahun ini.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo pada Selasa (2/9/2020) kepada Lou Dobbs di acara Fox Business Network, menurut laporan dari Reuters pada hari yang sama.

"Saya pikir semua orang datang akan mendapati risiko yang dikaitkan dengan mereka (institut konfisius China)," kata Pompeo.

Baca Juga: Pertama Kali Terjadi Dalam Kurun Waktu Seabad, Mantan Bangsawan Kerajaan Thailand yang Dicap 'Tak tahu Terima Kasih' Ini Kembali Diangkat Jadi Selir Raja, Berikut Penjelasan Pihak Istana

Politisi Partai Republik ini menuduh lembaga yang didanai pemerintah China, seperti Institut Konfusius China, bekerja untuk merekrut "mata-mata dan kolaborator" di perguruan tinggi AS.

"Saya pikir lembaga-lembaga ini dapat melihat itu (potensi perekrutan), dan saya berharap kita akan menutup semuanya sebelum akhir tahun ini," ucapnya.

Bulan lalu, Pompeo melabeli lembaga pusat yang mengelola Institut Konfusius di AS sebagai "entitas yang meningkatkan propaganda global dan pengaruh jahat Beijing", serta mengharuskannya mendaftar sebagai misi asing.

Baca Juga: Berawal dari Rampok Gerobak Dorong, Sindikat Pembunuh Bayaran Kelas Kakap Dunia Terbongkar, Beromzet Rp 700 Miliar Per Tahun, Tak Pernah Gagal Lolos dari Jerat Hukum

David Stilwell, diplomat AS terkemuka untuk Asia Timur, mengatakan pada saat itu bahwa puluhan Institut Konfusius di kampus-kampus AS tidak dikeluarkan.

Tetapi universitas AS harus "mencermati" apa yang mereka lakukan di kampus.