Find Us On Social Media :

Patungan Bikin Jet Tempur, Korea Selatan Sebut Indonesia Nunggak Iuran Rp 6,2 Triliun, Pejabat Setempat Jelaskan Detailnya

Gambar ilustrasi jet tempur

GridHot.ID - Indonesia dan Korea Selatan bekerjasama dalam proyek pengembangan jet tempur.

Disebut proyek KF-X, Indonesia bergabung dalam proyek ini dengan tujuan pengadaan pesawat untuk angkatan udaranya serta memajukan industri kedirgantaraan.

Namun demikian, Indonesia dikabarkan telah menunggak ratusan juta dolar Amerika Serikat atas kewajiban iuran pengembangan bersama jet tempur di Korea Selatan.

Baca Juga: Dulu Digunakan untuk Musnahkan Prajurit ISIS, Jet Tempur Eurofighter Typhoons Milik Kerajaan Inggris Diluncurkan Lagi untuk Dinginkan Laut Hitam, Kelakuan Rusia di Kawasan Turki Buat Anak Buah Ratu Elizabeth Geger

Dikutip dari Yonhap, media Korea Selatan, Minggu (6/8/2020), disebutkan bahwa pejabat Indonesia awalnya sepakat menjadi mitra Korea Selatan dalam pengembangan bersama proyek jet tempur.

Indonesia juga sepakat mengambil porsi pendanaan atas pengembangan proyek tersebut.

Masih dari media yang sama, Indonesia setuju untuk menanggung 20% dari biaya pengembangan proyek total sebesar 8,8 triliun won (US$ 7,3 miliar).

Baca Juga: Pertama Dalam Sejarah Militer Negaranya, Koera Selatan Berhasil Wujudkan Proyek Ambisiusnya Rakit Jet Siluman Lokal Mirip F-35A, Berikut Spesifikasinya!