Find Us On Social Media :

Duduk Perkara Lanjutan Insiden Anarkisme Ciracas, Danpuspom TNI AD Ungkap Fakta Baru Soal Otak di Balik Kerusuhan, Nama Prada Ilham Jadi Sorotan

Suasana Mapolsek Ciracas Jakarta Timur pasca perusakan oleh sejumlah orang tidak dikenal, Sabtu (29/8/2020).

Gridhot.ID - Kasus penganiayaan dan perusakan di Ciracas, Jakarta Timur sedang diselidiki Asisten Intelijen kepala Staf Angkatan Darat (Asintel KSAD) Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko.

Pihaknya mengatakan insiden tersebut diduga dari adanya penyebaran hoax dari Prada Ilham kepada rekan-rekannya.

Selain itu, pihaknya juga akan turun ke jajaran di bawah untuk kembali menjelaskan secara rinci tentang penggunaan media sosial secara bijak.

Baca Juga: Ngaku Masih Saudaraan dengan Raffi Ahmad, Reza Artamevia Kepergok Tunjukkan Gerak-gerik Tak Wajar, Netizen: Perhatiin, Si Reza Sering Megang Hidung Sama Melet...

Teguh mengatakan pihaknya juga akan menjelaskan terkait Undang-Undang nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) serta ancaman hukuman yang menyertainya kepada satuan bawah.

"Oleh karena itu untuk mencegah ini terulang kembali, kami akan juga kembali mengeluarkan ST dan kami juga akan turun ke bawah untuk menjelaskan secara detil bagaimana menggunakan media sosial," kata Teguh, Rabu (9/9/2020).

Mengingat status penugasan Prada Ilham yang berasal dari Direktorat Hukum TNI AD dan tengah diperbantukan sebagai sopir pada pejabat di Badan Pembinaan Hukum TNI, kata Teguh, pihaknya juga akan membuat aturan baru terkait prajurit-prajurit yang menjalani tugas perbantuan kepada pejabat-pejabat TNI AD.

Baca Juga: Kenaikan Tarif Listrik Tak Wajar Terbongkar, Hasil Investigasi Temukan Pelanggan Apes di Malang, Tagihan dari Rp 1 Juta Naik Sampai Rp 70 Juta Sendiri

Aturan tersebut di antaranya mewajibkan para prajurit yang tengah menjalani tugas perbantuan tersebut untuk ikut apel satu atau dua minggu sekali di satuannya masing-masing.

Terkait pembinaan prajurit tentang bahaya hoax, Teguh mengatakan pihaknya telah berulang kali melakukan pembinaan kepada prajurit-prajurit TNI AD termasuk mengeluarkan ST KSAD.