Find Us On Social Media :

Sudah Muak Ketidakadilan Tiongkok, Negara ASEAN Ini Nekat Putar Halauan Bersekutu dengan Amerika untuk Hadapi Masalah Pasifik, Pilih Khianati China Usai 4 Tahun Bersahabat Erat

Presiden Filipina Rodrigo Duterte

Gridhot.ID - Di tengah konflik di Laut China Selatan yang melibatkan China, AS dan beberapa negara tetangga seperti para anggota negara Asean, membuat beberapa negara harus memilih keberpihakan.

Berada di pihak China karena beberapa sebelumnya memiliki beberapa tender dengan China, namun dengan konsekuensi harus merelakan hak mereka di Laut China Selatan dikuasai China.

Atau berpihak pada AS, sebuah negara raksasa besar yang hadir untuk menentang China di Laut China Selatan.

Baca Juga: Natuna Terus-terusan di Provokasi China, Indonesia Bakal Kalah Telak Jika Nekat Coba Hadapi Tiongkok, Harus Pakai Taktik Ini Sebagai Solusi

Tentu berpihak pada satu di antaranya dua kekuatan besar itu memiliki konsekuensi tersendiri.

Filipina, sebagai negara yang sudah muak berada di pihak China akhirnya berpaling juga ke AS.

Presiden Rodrigo Duterte pada Selasa (22/9), menyatakan, saat ini Filipina akan kembali merapat ke AS di tengah segala kegaduhan di Laut China Selatan.

Baca Juga: Gugurkan Dua Prajurit Terbaik Bangsa, KKB Papua di Intan Jaya Buat Anggota Komisi I DPR Emosi Bukan Kepalang, Jenderal Andika Perkasa Diminta Turun Langsung Tuntaskan Apa yang Terjadi

Presiden berusia 75 tahun ini mengaku sudah gerah dengan perilaku Beijing, yang sempat dekat dengan Manila, di Laut China Selatan yang mengancam kedaulatan wilayah Filipina.

Berbicara di depan Majelis Umum PBB, Duterte menyatakan pembelaan yang kuat terhadap putusan Arbitrase Internasional tahun 2016 yang menyebut klaim China atas sejumlah wilayah di Laut China Selatan merupakan pelanggaran hukum internasional.