Find Us On Social Media :

Ngambek-ngambekan dengan China Sampai Kehilangan Banyak Kerjasama, Amerika Serikat Cari Sekutu Baru Mlipir ke Jepang Sampai Mongolia, Aksi Donald Trump Bikin Susah Negara Sendiri

Donald Trump

Gridhot.ID - Amerika Serikat dengan China memang sedang panas-panasnya.

Bahkan Trump sampai berani melakukan blokir terhadap beberapa perusahaan Tiongkok yang hidup di negaranya salah satunya adalah TikTok.

Hal ini membuat pejabat Amerika Serikat harus putar otak demi keberlangsungan negaranya.

Baca Juga: Sadar Diri Akui Kekalahannya, 11 Menteri Kesehatan Ini Pilih Mundur dari Jabatan Daripada Salah Ambil Keputusan untuk Rakyat, Menkes Swedia: Saya Mengganggu Pemerintah

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo akan melakukan perjalanan ke Jepang, Mongolia, dan Korea Selatan pada minggu depan. Hal itu diumumkan oleh Departemen Luar Negeri AS pada Selasa (29/9/2020).

Kunjungan Pompeo ini dinilai untuk memperkuat hubungan dengan sekutu regional pada saat hubungan Washington dengan China memburuk.

Reuters melaporkan, kunjungan tersebut dijadwalkan berlangsung pada 4 hingga 8 Oktober dan akan menjadi kunjungan Pompeo pertama kali di Asia Timur sejak perjalanannya ke Thailand pada Juli 2019.

Baca Juga: Pamer Kekuatannya di Depan Muka Vietnam dan Taiwan, Tiongkok Gelar Latihan Militer Besar-besaran di Kepulauan Paracel, Laut China Selatan Kembali Jadi Ladang Perang

Setelah terbang ke Jepang, ia akan mengunjungi Mongolia pada 6 Oktober dan Korea Selatan pada 7-8 Oktober.

Sebagai bagian dari perjalanan pada 6 Oktober, Pompeo akan berpartisipasi dalam pertemuan kedua “Quad,” pertemuan para menteri luar negeri dari India, Australia dan Jepang.

Pertemuan Quad dihidupkan kembali pada tahun 2017 untuk memperdalam kerja sama keamanan dan mengoordinasikan alternatif untuk pembiayaan infrastruktur regional yang ditawarkan oleh China.

Baca Juga: Sukhoi SU-25 Armenia Ditembak Jatuh F-16 Turki Hingga Pilotnya Tewas, Azerbaijan Pasang Badan Bantah Anak Buah Erdogan Jadi Pelakunya, Pecah Perang Buat Sang Menlu Ungkap Satu-satunya Jalan Keluar untuk Perdamaian