Find Us On Social Media :

Seakan Tak Puas Mainan di Asia, China Kini Nekat Mlipir ke Amerika Selatan untuk Curi Ikan dan Cumi Raksasa, 300 Kapal Tiongkok Ketahuan Mondar-mandir Sampai Buat Chili Siaga Ketat

300 kapal China curi ikan ke Amerika Selatan

Gridhot.ID - China memang terkenal seringkali nyelonong sana-sini di perairan negara-negara tetangga terutama di Asia.

Namun siapa sangka, kini China lakukan manuver gila dengan cara nekat curi ikan sampai ke Amerika Selatan.

Pemerintah Chili langsung menaruh perhatian penuh pada kehadiran armada kapal penangkap ikan di sepanjang perairan Pasifik sekitar Amerika Selatan.

Baca Juga: Kerap Lihat Nagita Slavina Nangis Karena Khawatirkan Dirinya, Raffi Ahmad: Jangan Lebay...

Menteri Luar Negeri Chili Andres Allamand, pada hari Kamis (8/10) mengatakan, Kementerian Pertahanan dan Angkatan Laut Chili sedang memantau kapal China untuk melindungi kedaulatan zona ekonomi eksklusif (ZEE).

"Armada mereka (China) terdiri dari sekitar 300 kapal yang melintasi Samudra Pasifik, seringkali sampai di sekitar wilayah Peru," ungkap Allamand seperti dikutip Reuters.

Kapal-kapal tersebut, ungkapnya, menangkap cumi-cumi raksasa di dekat Kepulauan Galapagos di lepas pantai Ekuador.

Baca Juga: Mutilasi Istri Secara Sadis dengan Bantuan Selingkuhan, Oknum TNI Ini Akhirnya Jalani Sidang Militer Pertama, Ayah Mertua Ungkap Harapannya

Menteri luar negeri Chili mengatakan bahwa para pejabat Chili belum melakukan kontak dengan pemerintah China. Dia mengatakan kapal-kapal yang datang juga termasuk kapal pribadi dan beberapa, mungkin, milik negara.

Bulan lalu, kehadiran ratusan kapal penangkap ikan China sempat memmbuat marah industri perikanan domestik di Peru, bahkan sempat memicu perang Twitter antara pemerintah AS dan China.

Kedutaan Besar AS di Lima mengatakan pada bulan September bahwa kapal-kapal Tiongkok memiliki sejarah menghindari pelacakan dan tampaknya membuang sampah plastik.

Baca Juga: Makin Panas Menjelang Pemilu, Gubernur Penentang Donald Trump Hampir Diculik Kelompok Mengerikan, Polisi Bongkar Sang Penjahat Sudah Siapkan 200 Pasukan untuk Serbu Gedung DPRD Michigan