Find Us On Social Media :

Sedang Dijinakan Penyelam Angkatan Laut, Bom Perang Dunia II Sebesar 5400 Kg Meledak di Bawah Air, 750 Langsung Dievakuasi

Ilustrasi Bom yang meledak

Gridhot.ID - Sisa-sisa perang dunia memang masih berada di bumi ini.

Bahkan beberapa bom juga masih tersisa dan aktif.

Salah satunya yang baru saja ditemukan di Polandia ini.

Baca Juga: Sempat Disentil Eny Sagita, Nella Kharisma Kini Dikabarkan Berbadan Dua, Layar LCD di Belakang Istri Dory Harsa Ini Diduga Jadi Buktinya

Bom Perang Dunia II terbesar yang pernah ditemukan di Polandia meledak di bawah air pada hari Selasa (13/10/2020) ketika para penyelam angkatan laut mencoba menjinakkannya.

Mengutip Reuters, lebih dari 750 orang telah dievakuasi dari daerah dekat Kanal Piast di luar kota Swinoujscie, di mana bom Tallboy yang digunakan oleh Angkatan Udara Kerajaan Inggris (RAF) ditemukan. Beratnya hampir 5.400 kg, termasuk 2.400 kg bahan peledak.

"Proses deflagrasi berubah menjadi ledakan. Objek tersebut dapat dianggap dinetralkan, tidak akan menimbulkan ancaman lagi," jelas Letnan Dua Grzegorz Lewandowski, juru bicara armada Pertahanan Pantai ke-8, seperti dikutip oleh kantor berita yang dikelola pemerintah PAP.

Baca Juga: Lewati Gerombolan Polisi yang Bertugas Amankan Demo Tolak Omnibus Law, Aksi Nekat Nikita Mirzani Ini Langsung Disoraki: Ulang Nyai

Semua penyelam tambang berada di luar zona bahaya.

Swinoujscie berisi terminal gas alam cair (LNG) tetapi juru bicara walikota mengatakan kepada PAP tidak ada yang terluka dan tidak ada infrastruktur yang rusak.

Kanal Piast menghubungkan Laut Baltik dengan Sungai Oder di perbatasan Polandia dengan Jerman. Bom itu dijatuhkan oleh RAF pada tahun 1945 dalam serangan terhadap kapal penjelajah Jerman Lutzow.

Artikel ini telah tayang di Kontan dengan judul Bom Perang Dunia II terbesar yang ditemukan di Polandia meledak saat dijinakkan.

(*)