Find Us On Social Media :

Pinjam Duit Hampir Rp 6 Biliun, Indonesia Masuk Daftar 10 Besar Negara Penghasilan Rendah dengan Utang Luar Negeri Terbesar di Dunia, Data Buktikan Tiap Tahun Jumlahnya Terus Meningkat

potret Jakarta

Gridhot.ID - Hutang memang menjadi hal biasa di dalam pengurusan kenegaraan.

Bahkan tiap negara bisa berhutang hingga biliunan rupiah untuk bisa memajukan negeri tersebut.

Namun tahun ini laju ekonomi memang sedang tidak menentu.

Perkembangan utang luar negeri dan aliran modal asing di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah pada tahun 2019 melambat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Perlambatan utang luar negeri dan aliran modal asing ini sejalan dengan melemahnya pertumbuhan ekonomi global yang hanya mencapai 2,4%. Namun, sejumlah negara mencatat kenaikan utang, termasuk Indonesia.

Bank Dunia merilis data utang luar negeri dari 120 negara-negara dengan berpendapatan rendah hingga sedang dalam International Debt Statistics (IDS) 2021.

Data World Bank mencatat, jumlah arus keuangan baik utang luar negeri dan modal asing di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah tahun 2019 hanya mencapai US$ 909,7 miliar.

Baca Juga: Lesti Kejora Datang Menjenguknya Tengah Malam, Rizky Billar: Aku Senang Banget...

Jumlah tersebut merosok 14,25% dibanding posisi tahun 2018.

Utang luar negeri tercatat mengalami penurunan paling besar mencapai 28,03% menjadi US$ 382,8 miliar.

Sedangkan arus modal asing ke negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah tahun 2019 hanya turun 0,4% menjadi US$ 526,9 miliar.

Penurunan utang luar negeri ini terutama disebabkan oleh kontraksi yang parah dalam arus masuk utang jangka pendek, yang turun 86% menjadi US$ 30 miliar dari $ 219 miliar pada tahun 2018.