Find Us On Social Media :

Saat yang Lain Menolak Keras, Timor Leste Justru Persilahkan China Bangun Pangkalan Militer di Negaranya, Begini Kata Xanana Gusmao

ilustrasi Timor Leste

GridHot.ID - China semakin giat membangun kekuatan militer lintas benua.

Salah satunya menjadikan Laut China Selatan sebagai basis militer laut miliknya meski dengan cara ilegal.

Tak hanya itu, beberapa negara kecil juga ditawari untuk dijadikan pangkalan militer China, bahkan beberapa waktu lalu sempat heboh Indonesia juga dibidik untuk dibangun pangkalan militer China.

Meski banyak negara yang menolak jika dijadikan basis pangkalan militer China, ternyata Timor Leste bersikap sebaliknya, persilahkan angkatan Laut China untuk berlabuh di negaranya.

Tahun 2014 Perdana Menteri sekaligus Menteri Pertahanan Timor Leste Xanana Gusmao menyatakan pihaknya terbuka bagi kehadiran armada Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China di wilayahnya.

Baca Juga: Ambisinya yang Tinggi Terbentur Ekonomi, Harapan Timor Leste Segera Bergabung dengan ASEAN Pupus, Dua Negara yang Tetap Keukeuh Tolak Akses Bumi Lorosae

”Saya ditanya hal yang sama saat berada di Australia. Kami terbuka dan sebagai negara kecil tentu menyambut baik pihak-pihak yang bersahabat,” kata Xanana di Kementerian Pertahanan, Jakarta, 2014 silam.

Xanana sebelumnya ditanya soal kesiapan Timor Leste membuka pangkalan bagi armada China atau fasilitas logistik dan perbaikan kapal bagi armada China yang sedang membangun kekuatan lintas benua.

Xanana menjawab, Asia Pasifik adalah wilayah yang luas dan mampu menampung niat positif dari semua pihak yang berkepentingan

Namun, tidak dijelaskan di mana fasilitas bagi angkatan laut asing tersebut akan disiapkan di Timor Leste.

Baca Juga: Timor Leste Tak Kunjung Diterima Jadi Anggota ASEAN Meski Sudah Penuhi Persyaratan, Ini Alasannya