Find Us On Social Media :

Kutub Bumi Ancam Dunia, Ilmuan Wanti-wanti Bakal Terjadi Mega Tsunami karena Mencairnya Gletser Alaska, Berikut Penjelasan Kondisinya yang Mengkhawatikan

Barry Arm, Harriman Fjord, Alaska.

Gridhot.ID - Kondisi mengkhawatirkan sedang melanda alam Alaska.

Kekhawatiran ini tepatnya berada di wilayah kutub Bumi.

Hal ini diperkirakan pengaruh dari pemanasan global dan perubahan iklim berkontribusi terhadap mencairnya laposan-lapisan es di kutub Bumi, termasuk di Alaska.

Baca Juga: Terang-terangan Sebut Mulut Ayu Ting Ting Jahat, Pedangdut Nassar: Baru Menanjak, Doain...

Sekelompok ilmuwan telah memperingatkan tentang prospek bencana yang akan datang di Prince William Sound lewat surat terbuka pada Mei lalu yang ditujukan kepada Alaska Department of Natural Resources (ADNR).

Dikutip dari Science Alert, Senin (19/10/2020), tsunami dahsyat di Alaska, menurut ilmuwan, dipicu oleh longsoran batu yang tidak stabil setelah pencairan gletser yang kemungkinan besar akan terjadi dalam dua dekade mendatang. Bahkan, mereka khawatir hal itu dapat saja terjadi dalam 12 bulan ke depan.

Meskipun potensi risiko tanah longsor semacam itu sangat serius, namun masih banyak yang tidak diketahui tentang bagaimana atau kapan bencana ini bisa terjadi.

Baca Juga: Keberadaan Mayat Pria Tanpa Busana di Hutan Jati Bikin Warga Ketakutan, Kondisinya Telentang dengan Tangan Terangkat dan Kaki Mengangkang, Begini Kata Polisi

Namun, yang jelas, para ilmuwan menyebut pencairan gletser (glacier retreat) di Prince William Sound, di sepanjang pantai selatan Alaska, tampaknya berdampak pada lereng gunung di atas Barry Arm, sekitar 97 km di timur Anchorage.