Find Us On Social Media :

Hanya Modal Rp 200 Jutaan, Wanita Batak Ini Berhasil Nyaleg di Pilkada Australia, Sosoknya Kini Viral, Santi: Saya Tak Sengaja

Santi Whiteside (kanan) wanita Batak yang nyaleg di Australia

Gridhot.ID - Wanita yang satu ini buat heboh Indonesia dan juga Australia.

Wanita asli Batak ini ternyata menjadi ikut dalam pesta politik di salah satu wilayah di Australia.

Namanya Santi Whiteside berasal dari Sumatera Utara (Sumut).

Santi sendiri telah 20 tahun lebih tinggal dan menikah dengan warga Australia.

Kini perempuan berdarah Batak itu menjadi pembicaraan setelah namanya masuk daftar kandidat 'councillor' di kawasan Whitehorse, sebelah timur kota Melbourne.

"Councillor" adalah pejabat yang dipilih melalui pemilihan untuk "Council", atau Dewan Pemerintah setingkat kabupaten atau kota.

Baca Juga: Vatikan Kena Imbas Wabah Corona Gelombang 2, Paus Fransiskus Nampak Mulai Gunakan Masker untuk Hadiri Acara Publik, Baru Pertama Kali Ini Sepanjang Sejarah Kepausan

Salah satu dari "councillor" sekaligus akan menjadi wali kota atau mayor. Santi mengaku tak pernah terpikirkan olehnya untuk bisa mengikuti pemilihan council, apalagi terjun ke dunia politik di Australia.

"Saya tak sengaja jadi politisi, bukan karena memang berambisi untuk jadi politisi atau kepala pemerintahan lokal," ujarnya kepada ABC Indonesia.

Ia mengaku jika aktivitasnya di sejumlah organisasi kemasyarakatan di Melbourne membuat rekan-rekannya meminta dan mendukung dirinya untuk maju dalam pemilihan yang digelar setiap empat tahun tersebut.

Santi dikenal sebagai duta multikultur dari yayasan kesehatan mental Australia (MHFA), Wakil Presiden Perhimpunan Warga Indonesia di Victoria, perkumpulan kuliner Indonesia, juga salah satu anggote komite di perkumpulan warga India di Australia.

"Meskipun saya berdarah Batak, tapi sudah lama saya tertarik dengan budaya India," katanya.